Resmi Dilantik, Srikandi Donor Darah Indonesia Bantu Edukasi Masyarakat

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 01 Februari 2023 | 11:33 WIB
Srikandi Donor Darah Indonesia/SinPo.id
Srikandi Donor Darah Indonesia/SinPo.id

SinPo.id -  Pengurus Srikandi Perempuan Donor Darah Indonesia resmi dilantik hari ini. Pelantikan struktur pengurusan salah satu unit dari Perempuan Donor Darah Indonesia (PDDI) ini berlangsung di Gedung Nusantara IV DPR/MPR RI.

Srikandi memiliki sejumlah tugas, salah satunya mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mendonor darah. Termasuk, mengajak masyarakat untuk membantu warga lain yang membutuhkan bantuan darah.

"Hari ini kita pelantikan Srikandi Perempuan Donor Darah Indonesia, kami ini baru seumur jagung, kami baru dilantik tanggal 1, Srikandi ini menjadi mitra atau unit PDDI dan PDDI adalah mitra PMI dalam rangka mengedukasi dan juga mengajak masyarakat untuk sama-sama mendonor karena setetes darah berjuta harapan," kata Ketua Srikandi Perempuan Donor Darah Indonesia Nunun N Daradjatun di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 1 Februari 2023.

Nunun mengatakan jauh sebelum dilantik, organisasinya ini sudah lebih dulu melakukan beberapa kegiatan sosial. Misalnya, membantu korban bencana Cianjur, Jawa Barat (Jabar).

"Kami sebelum pelantikan telah melakukan kegiatan sosial karena kami ini semuanya sangat tergerak untuk membantu sesama, bulan November lalu kami telah menyumbangkan beberapa yang diperlukan oleh korban bencana Cianjur, kami sudah lakukan itu walaupun belum dilantik," ujarnya.

Di sisi lain, istri dari anggota Komisi III Adang Daradjatun ini menyebut ada sejumlah agenda yang bakal digarap Srikandi untuk tahun ini. Pertama, menggalang donor darah pada April 2023 dalam rangka memperingati hari Kartini.

Kemudian, Srikandi juga akan membuka giat donor darah untuk mengisi hari Kemerdekaan Indonesia pada Agustus 2023. Selanjutnya, Srikandi melakukan donor darah pada hari ibu yang diperingati pada Desember 2023.

"Kami ingin berbuat sesuatu memperlihatkan kepada anak-anak hal baik apa yang bisa kita lakukan oleh karena itu kita akan melakukan donor darah," kata Nunun.

Sementara itu, artis ternama Raffi Ahmad yang diundang dalam pelantikan menyambut baik aksi sosial dari Srikandi Perempuan Donor Darah Indonesia. Menurut dia, kegiatan ini mengedukasi generasi muda untuk berbuat baik terhadap sesama. 

"Ini memang gerakan sosial yang sangat luar biasa yang memang perlunya untuk anak muda, generasi saya generasi di bawah saya harus benar-benar kita suport ini Srikandi, perempuan-perempuan yang luar biasa yang benar-benar memberikan edukasi bahwa kita ini simpati dan empatinya harus ditumbuhkan ke generasi-generasi mendatang, rasa-rasanya setetes darah itu berarti sekali untuk teman-teman kita di Indonesia," kata Raffi.

Berikut daftar kepengurusan Srikandi Perempuan Donor Darah Indonesia, Nunun didapuk sebagai Ketua. Lalu, posisi Wakil Ketua dijabat oleh Rieta Amilia Beta.

Sedangkan jabatan Sekretaris Jenderal diisi oleh Vivi Susanti. Ada juga Wakil Sekretaris Jenderal yang dipercayakan pada Husniaty Rusdi. Kemudian, posisi Bendahara Umum dijabat Dian Adrianti Kristiono. Sementara jabatan Wakil Bendahara Umum diisi oleh dua orang, yakni Susanti Tio dan Debbie Robert.


sinpo

Komentar: