Dasco: Pergantian Kepala BRIN Harus Sesuai Mekanisme

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 01 Februari 2023 | 11:36 WIB
Wakil Ketua DPR, Dasco/Tim Media
Wakil Ketua DPR, Dasco/Tim Media

SinPo.id -  Wakil Ketua DPR RI, Dasco, mengatakan pergantian Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) berdasarkan desakan dari Komisi VII DPR RI harus melalui mekanisme yang ada.

"Ya kami lihat memang ada dinamika di Komisi VII, namun yang disampaikan di Komisi VII itu hanya penyampaian kepada pemerintah berupa desakan," kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu 1 Februari 2023.

"Sementara di DPR itu ada mekanisme yang kemudian harus dijalankan kalau memang ingin secara organisasi itu ingin mengusulkan kepada presiden. Jadi ada mekanismenya," imbuhnya.

Selain itu, kata Dasco, desakan yang disampaikan Komisi VII yang mengusulkan pencopotan jabatan terhadap Laksana Tri Handoko, harus disikapi dengan adanya evaluasi.

"Jadi apa yang disampaikan di Komisi VII menurut saya satu dinamika yang memang harus disikapi dengan evaluasi-evaluasi yang ada di BRIN," ungkapnya.

Seperti diketahui, desakan itu muncul karena lembaga yang dikepalai Handoko itu terus menemui berbagai permasalahan, seperti transparansi penggunaan pagu anggaran BRIN 2022, dan adanya konflik antar periset BRIN. sinpo

Komentar: