Komisi B DPRD DKI Dukung Pembangunan LRT Fase 1B Velodrome-Manggarai

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 01 Februari 2023 | 22:11 WIB
Kereta LRT/ Dok. LRT
Kereta LRT/ Dok. LRT

SinPo.id - Komisi B DPRD DKI Jakarta mendukung rencana pembangunan lanjutan rute kereta Light Rail Transit (LRT) Fase 1B dari Velodrome, Jakarta Timur hingga Manggarai  Jakarta Selatan.

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta, Ismail mengatakan, pembangunan transportasi publik merupakan salah satu bisnis masa depan yang mempunyai prospekfif cukup menjanjikan keuntungan selain di bidang tekhnologi informasi.

"Peluang ini harus kita tangkap sekarang dan kalau kita sukses dengan LRT, yakinlah ini ke depannya akan jadi backbone. Progres LRT ini penting untuk kita kawal," kata Ismail, Rabu 1 Februari 2023.

Ismail menjelaskan, rencannaya pengerjaan proyek pembangunan jalur moda transportasi massal berbasis rel rute Velodrome-Manggarai akan dimulai tahun ini.

LRT Jakarta, lanjut Ismail, dinilai menjadi leading sector untuk mengeksekusi kegiatan yang sudah diberikan Penyertaan Modal Daerah (PMD).

"PT Jakpro bisa berikan kewenangan penuh kepada LRT Jakarta yang sudah punya base practice seperti itu," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan anggota Dewan Komisi B DPRD DKI Jakarta, M. Taufik Zoelkifli. Ia menambahkan, pihaknya mendukung rute Velodrome-Manggarai segera direalisasikan. 

Mengingat, jika dikaitkan dengan pariwisata, kereta LRT akan menjadi wisata kecil untuk warga, sehingga deviden anak perusahan ini akan meraup keuntungan.

"Meskipun rute Velodrome-Kelapa Gading masih mendapat kritikan masyarakat, tetapi proyek ini memiliki potensi bagus. Apalagi rute ini ditambah hingga Manggarai. Pasti banyak warga yang gunakan kereta ini," kata Taufik.

 sinpo

Komentar: