Langkah Balasan, China Wajibkan Warga Korsel yang Baru Datang untuk PCR

Laporan: Sinpo
Kamis, 02 Februari 2023 | 10:10 WIB
Warga China saat berkumpul di lapangan Tiananmen/ Reuters
Warga China saat berkumpul di lapangan Tiananmen/ Reuters

SinPo.id - China mewajibkan semua pengunjung dengan penerbangan langsung dari Korea Selatan untuk melakukan tes PCR saat kedatangan mulai Rabu, 1 Februari 2023. China juga akan mengarantina mereka yang menunjukkan hasil positif Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Kedubes Korea Selatan di Beijing seperti dikutip dari Kyodo.

Kebijakan yang disampaikan pemerintah China kepada pihak kedutaan itu merupakan langkah balasan terhadap Korsel. Negeri Ginseng itu memperpanjang pembatasan dalam mengeluarkan visa jangka pendek untuk pengunjung dari China hingga 28 Februari 2023.

Korea Selatan, Jepang, dan beberapa negara lainnya telah memperkuat kontrol perbatasan untuk pengunjung dari China, yang membuka kembali perbatasannya dan menghapus kebijakan karantina pada 8 Januari di tengah kekhawatiran meluasnya infeksi Covid-19 di negara tersebut.

Pada 10 Januari, Beijing menghentikan penerbitan visa untuk warga Jepang dan Korea Selatan, serta mengkritik pembatasan masuk pengunjung dari China sebagai tindakan diskriminatif. Tetapi pembatasan visa untuk warga Jepang telah dicabut pada Minggu, 29 Januari 2023.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina Mao Ning dalam konferensi pers, menyesalkan bahwa beberapa negara masih menerapkan kebijakan pembatasan masuk yang diskriminatif terhadap pengunjung dari China.

"China dengan tegas menentang ini dan memiliki dasar untuk mengambil tindakan timbal balik yang diperlukan," kata Mao Ning seperti dikutip dari Antara.
 sinpo

Komentar: