Gunakan Bahan Alami, Berikut Lima Cara Hilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Laporan: Zikri Maulana
Sabtu, 04 Februari 2023 | 07:13 WIB
Jerawat (pixabay)
Jerawat (pixabay)

SinPo.id -  Lima cara menghilangkan noda bekas jerawat.
Jerawat menjadi masalah kulit mengganggu
Jerawat meninggalkan bekas pada kulit yang dapat menyebabkan noda hitam di wajah.

Melansir Halodoc, pada saat jerawat sembuh dan sel-sel kulit baru terbentuk, sel-sel yang membantu memulihkan permukaan kulit itu mengandung terlalu banyak melanin sehingga munculnya bercak hitam di kulit wajah. 

Melanin adalah zat pemberi warna pada kulit. Saat sel-sel kulit tertentu kelebihan zat melanin daripada yang lain, hasilnya adalah muncul bercak kulit yang lebih gelap. Kondisi ini disebut juga sebagai hiperpigmentasi pasca-inflamasi. 

Namun, ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat yang  dapat dilakukan dengan metode alami. 

Berikut ini lima bahan yang dapat dicoba dalam mengatasi bekas jerawat yang menghitam, antara lain: 

1. Lemon 

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi bintik hitam bekas jerawat adalah konsumsi vitamin C. Anda dapat mengonsumsi jus lemon yang kaya akan vitamin C karena dipercaya mampu mencerahkan kulit, bahkan memudarkan bekas jerawat yang menghitam. 

Sayangnya, untuk kamu yang memiliki jenis kulit sensitif dan kering, dianjurkan untuk tidak memanfaatkan jus lemon untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam karena rentan untuk mengalami iritasi. 

2. Lidah buaya 

Lidah buaya memiliki banyak manfaat yang bisa diberikan, terutama pada kulit. Tanaman ini juga kerap digunakan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan bekas jerawat yang menimbulkan bintik hitam.

Nyatanya, lidah buaya memang agen penyembuh yang luar biasa, terutama untuk masalah kulit. Bintik hitam dapat memudar berkat kandungannya yang mampu mencerahkan kulit.

3. Ekstrak biji anggur 

Ekstrak biji anggur adalah bahan alami lainnya yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan bekas jerawat yang menimbulkan bintik hitam.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak biji anggur yang dikonsumsi selama 6 bulan bermanfaat bagi orang yang memiliki kondisi kulit melasma, yang mirip seperti hiperpigmentasi pasca-inflamasi.

4. Madu 

Madu kerap digunakan untuk berbagai tujuan pengobatan, termasuk luka bakar, luka, dan herpes.

Penelitian menunjukkan bahwa bahan ini bisa mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi potensi jaringan parut. Sifat anti peradangannya juga mampu melawan infeksi yang dapat menyebabkan lebih banyak jerawat muncul.

5. Bubuk kunyit 

Bahan alami yang satu ini dapat mengurangi pertumbuhan bakteri karena sifat anti-inflamasinya. Ini juga membantu regenerasi kulit dan mengurangi jaringan parut. 

Alhasil, kulit menjadi lebih cerah dan noda hitam bekas jerawat menjadi tersamarkan. 
sinpo

Komentar: