Djalan ka kamerdikahan.

Laporan: Sinpo
Sabtu, 04 Februari 2023 | 14:35 WIB
Koran Sin Po 4 Februari 1939 (monash University/SinPo.id)
Koran Sin Po 4 Februari 1939 (monash University/SinPo.id)

 

Semoea kawan insjaf dengen mempoenjain Wuchang dan Hankow, kamenangan kaoem revolutionair belon pasti. Seperti djoega soeda saling djandji di semoea provincies terbit pembrontakan dengen berbareng. Dalem sedikit boelan di 15 provincies bangsa Manchu tersapoe bersi dan toean roemah jang sedjati berkoeasa lagi.

Dari Shanghai kita dapet bantoean paling besar. Di sana ada Chen Ying-Shih jang intjerken matanja ka Nanking sebagi toedjoean paling deket. Koetika Hanyang terlepas, ia doedoekin Nanking sebagi gantinja, hingga karoegian seperti di’impasin. Iapoenja perboeatan soenggoe paling banjak menoeloeng kita.

Dalem malem kadoea dari revolutie di Wuchang akoe dateng di Denver dalem staat Colorado (Amerika Sariket). Sapoeloe hari di moeka akoe trima kawat dari Hongkong dari Huang Ko-Chiang waktoe akoe masi ada di tengah perdjalanan.

Tapi sebab akoe poenja barang soeda dikirim lebih doeloe ka Denver dan koentji boeat Bahasa kawat resia ada dalem akoe poenja koffer di sana, sabelonnja sampe di Denver akoe tida bisa batja itoe telegram. Begitoe sampe, akoe lantas salin boenjinja itce telegram dan ternjata boenjinja: „Chu Cheng telah sampe di Hongkong dari Wuchang. Ia kabarken balatentara bakal brontak bersama kita. Akoe dengen sanget minta dikirimin. oewang”.

Tapi bagimana akoe moesti garoek doeit di Denver ? Akoe niat baies kirim kawat boeat toenggoe doeloe dengen pembrontakan. Tapi itoe koetika soeda tengali malem dan akoe sanget tjape lantaran naek kreta api lama dan lagian akoe kaga bisa koempoel akoe poenja pikiran. Akoe anggep besok paginja tentoe soeda tjoekoep mengasi dan bisa kirim balesan dengen seger.

Djam sabelas siang aku baroe mendoesin dan lantas ka kamar makan dan di tempat pendjoealan koran akoe beli satu soerat kabar. Koetika akoe memberi tja di kamar makan akoe mata ketarik oleh kabar jang boenjinja: „Wuchang boet oleh barisan revolutionait Koetika batja ini, akoe kirim kayu nget bingoeng. Akoe kirim kayu pada Ko-Chiang apa sebab aku membales begitoe laat dan dimana akoe poenja adres. Lantas aku landjoetken perdjalanan ka pasar Timoer dari Amerika.

Sabetoelnja akoe bisa sampe Shanghai dalem tempo 20 dengen lintasin laoetan pacific dan toeroet bergoelet menoerah akoe poenja kainginan keras tapi akoe poenja  pakerdjahan di belakang front ada lebih penting.sinpo

Komentar: