Maskapai Larang Pramugari Berhijab, Wapres: Aneh!

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 04 Februari 2023 | 14:37 WIB
Wapres Maruf Amin/Setkab
Wapres Maruf Amin/Setkab

SinPo.id -  Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menilai aneh jika ada maskapai penerbangan di Indonesia yang melarang pramugarinya mengenakan jilbab atau berhijab saat bertugas. Larangan itu bahkan dianggap tak relevan.

"Jadi kalau ada larangan berjilbab agak aneh, saya kira kita cek lagi, perlu diteliti itu," kata Ma'ruf di Jakarta, Sabtu, 4 Februari 2023.

Ini disampaikan Ma'ruf menanggapi adanya masukan dari Komisi VI DPR RI agar maskapai penerbangan Garuda Indonesia merevisi aturan seragam awak kabin. Sehingga, para pramugari muslim dapat mengenakan jilbab sesuai tuntunan syariat islam.

Komisi VI bahkan menyatakan ada banyak pramugari muslim di Garuda Indonesia yang sehari-harinya mengenakan jilbab namun harus mencopot jilbabnya ketika sedang bertugas.

Kendari begitu, Ma'ruf ingin kebenaran informasi itu dicek lebih detail. Sebab, menurut dia, sejauh ini belum ada maskapai penerbangan di Tanah Air yang melarang penggunaan jilbab bagi muslim.

"Mengenai masalah jilbab, saya kira perlu dicek ya apa betul, sebab sampai sekarang ini enggak ada larangan berjilbab itu enggak ada," kata Ma'ruf.

Di sisi lain, Ma'ruf mengingatkan untuk saat ini tidak ada institusi mana pun yang melarang penggunaan jilbab. Bahkan, institusi penegak hukum hingga militer tak melarang anggotanya menggunakan jilbab.

"Bukan lagi di polisi, di tentara juga sudah semua orang berjilbab, di perguruan tinggi, dimana mana boleh," kata Ma'ruf.sinpo

Komentar: