Gagal Ginjal Akut Marak Lagi, Dasco Minta Pemerintah Turun Tangan

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 07 Februari 2023 | 11:27 WIB
Wakil Ketua DPR, Dasco/Tim Media
Wakil Ketua DPR, Dasco/Tim Media

SinPo.id -  Wakil Ketua DPR RI, Dasco meminta komisi teknis dan pemerintah untuk turun tangan menelaah kasus gagal ginjal akut atau Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) yang kembali marak di Jakarta.

"Kami akan minta komisi teknis dan pemerintah untuk menelaah kenapa hal ini bisa terjadi lagi. Apakah itu beradal sisa obat yang belum ditarik?" Kata Dasco, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 7 Februari 2023.

Menurutnya, banyak obat yang dilarang telah beredar di masyarakat, termasuk di sejumlah daerah pelosok yang agak sulit terdeteksi peredarannya. Namun kinerja pemerintah untuk menarik obat-obatan tersebut perlu diapresiasi.

"Jadi begini, kami atensi apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah yang dengan cepat melakukan penarikan-penarikan obat yang sudah terlanjur beredar di masyarakat," ungkapnya.

Oleh karena itu, temuan dua kasus GGAPA di Jakarta oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada awal tahun ini, harus menjadi bahan evaluasi agar dapat diantisipasi.

"Untuk itu kita jadikan evaluasi dan kemudian menjadi suatu tindakan terukur dan tegas dalam hal antisipasi. Hal tersebut supaya tak terjadi lagi," kata Dasco menambahkan.

Sebelumnya, dua kasus baru GGAPA kembali ditemukan di Jakarta. Kedua korban diketahui telah mengonsumsi obat sirop penurun panas merk Praxion. Salah satunya merupakan anak berusia satu tahun.sinpo

Komentar: