Kasus Baru Gagal Ginjal Akut di Ibu Kota, Dinkes DKI: Satu Anak Sudah Membaik

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 07 Februari 2023 | 17:12 WIB
Ilustrasi gagal ginjal/ Pixabay
Ilustrasi gagal ginjal/ Pixabay

SinPo.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta kembali menemukan dua kasus baru gagal ginjal akut yang menimpa anak di Ibu Kota.

Kepala Seksi (Kasi) Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama mengungkapkan, satu anak saat ini kondisinya sudah mulai membaik.

"Sudah membaik kondisinya dan sedang dalam perawatan tim ahli RSCM," kata Ngabila kepada wartawan, Selasa 7 Februari 2023.

Ngabila mengungkapkan, Dinkes DKI Jakarta hingga saat ini masih mendalami penyebab temuan dua kasus baru gagal ginjal tersebut.

"(Penyebabnya) masih diinvestigasi ya," ujarnya.

Sebelumnya, Dinkes DKI Jakarta menyampaikan telah mendeteksi penemuan baru kasus gagal ginjal akut di Jakarta, yaitu di wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Timur.

Satu anak yang mengidap gagal ginjal dikabarkan meninggal dunia. Sementara itu satu anak lainnya masih dalam perawatan di rumah sakit.

"Satu meninggal, satu dirawat di rumah sakit," ungkap Ngabila menjelaskan.

Sebelumnya, kasus gagal ginjal akut yang menyerang anak-anak sempat mencuat secara signifikan sejak akhir Agustus 2022. Kasus tersebut menyebabkan ratusan anak menjadi korban hingga meninggal dunia.

Kemenkes menduga penyebab dari gagal ginjal akut pada anak yaitu cemaran bahan Etilen Glikol (EG) pada sejumlah jenis obat cair atau sirup yang sempat dikonsumsi anak-anak. 

Namun pada awal November 2022 Kemenkes menyebut sudah tidak lagi ditemukan kasus gagal ginjal akut yang menyerang anak semenjak dilakukan penanganan serius.sinpo

Komentar: