Cak Imin Minta Pemerintah Proaktif Pantau WNI Korban Gempa Turki-Suriah

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 07 Februari 2023 | 22:58 WIB
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika

SinPo.id - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mendorong pemerintah Indonesia proaktif memantau kondisi pascagempa di Turki dan Suriah. Khususnya, memantau kondisi WNI yang berada di sana dan menjadi korban bencana tersebut.

"Jika memungkinkan tolong juga kirimkan bantuan untuk korban gempa. WNI di sana juga harus dipantau, apalagi ada kabar ada WNI yang hilang kontak. Pastikan kondisi mereka aman dan segera evakuasi jika membutuhkan," kata Cak Imin di Jakarta, Selasa, 7 Februari 2023.

Cak Imin mengajak seluruh kader menggelar salat gaib untuk korban gempa Turki dan Suriah. Dia menyampaikan dukacita bagi korban gempa tersebut.

"Saya dan keluarga besar PKB turut berdukacita mendalam atas gempa yang terjadi di Turki dan Suriah. Kita doakan seluruh korban yang meninggal dunia husnul khatimah, dan yang luka-luka segera diberi kesembuhan," ucapnya.

Gempa berkekuatan 7,8 magnitudo mengguncang Turki hingga Suriah pada Senin, 6 Februari 2023. Guncangan ini merusak sebagian besar bangunan di kedua negara tersebut.

Hingga kini, tercatat ada 4.300 orang yang tewas di Turki dan Suriah akibat gempa tersebut. KBRI Ankara juga menyebut ada 10 WNI yang menjadi korban luka. Sementara itu, lima WNI masih hilang kontak.sinpo

Komentar: