Pemprov DKI Anggarkan Rp25 Miliar untuk Bangun JPO Dekat Skywalk Kebayoran Lama

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 07 Februari 2023 | 22:18 WIB
Skywalk Kebayoran Lama/ SinPo.id/ Ashar SR
Skywalk Kebayoran Lama/ SinPo.id/ Ashar SR

SinPo.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menganggarkan dana sekitar Rp10-25 miliar dari APBD 2023 untuk pembangunan Jembata Penyebrangan Orang (JPO) di dekat Skywalk Kebayoran Lama.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan rencananya JPO tersebut akan memiliki panjang sekitar 20-30 meter.

“JPO ini rencananya memiliki panjang 20-30 meter dengan anggaran dana sekitar Rp10-25 miliar yang bersumber dari APBD 2023,” kata Hari kepada wartawan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa, 7 Februari 2023.

Hari memastikan keberadaan JPO ini tidak akan tumpang tindih dengan Skywalk Kebayoran Lama. Nantinya, JPO tersebut akan berjarak sekitar 180 meter dan berada dekat kawasan permukiman padat.

Menurut Hari, fungsi JPO tidak sama dengan keberadaan Skywalk yang dikhususkan untuk integrasi angkutan umum. Selain itu, masyarakat yang akan menyebrang melalui JPO juga tidak dipungut biaya.

"Iyaa, JPO nanti untuk orang bukan penumpang yang nyebrang gratis, free," ujarnya.

Pembangunan jembatan penyeberangan orang atau JPO dekat Skywalk Kebayoran Lama ditargetkan akan rampung pada November 2023.

"Insyaallah sekarang tidak ada (pembebasan lahan), saya sudah petakan untuk konstruksi bawah maupun Ramp sudah clear di sana. Target November 2023 (selesai)," ucap Hari.

Hari mengaku pembangunan JPO itu sebenarnya direncanakan bersamaan dengan proyek Skywalk Kebayoran. Namun, karena terkendala pembebasan lahan yang cukup alot akhirnya rencana ini dipecah.sinpo

Komentar: