KPK: Lukas Enembe Sehat, Tak Perlu Dirujuk ke Singapura

Laporan: Zikri Maulana
Rabu, 08 Februari 2023 | 13:19 WIB
Ali Fikri/SinPo.id
Ali Fikri/SinPo.id

SinPo.id -  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan bahwa kondisi kesehatan Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe (LE) dinyatakan baik dan sehat.

Berdasarkan hasil koordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) serta RSPAD Lukas tak perlu dirujuk ke Singapura. 

"Setiap harinya, tim dokter KPK melakukan pemeriksaan kesehatan dan pemantauan serta pelaporan 4 kali sehari oleh petugas rutan atas diri Tersangka LE," kata kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, dikutip Rabu 8 Februari 2023. 

Dari hasil pemeriksaan tersebut, kata Ali, Lukas diketahui dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari, seperti berbicara, makan dan minum, minum obat sendiri, berganti pakaian sendiri, dan bahkan bisa mandi sendiri. 

"Hasil pemeriksaan kesehatan tersangka LE juga dinyatakan fit for interview dan fit for stand to trial. Sehingga sampai sejauh ini, Tersangka LE tidak perlu dirujuk ke Singapura," kata Ali. 

"Terlebih fasilitas kesehatan di Indonesia memadai," lanjutnya. 

Lebih lanjut, Ali mengatakan dalam proses pemeriksaan oleh tim penyidik KPK, Lukas juga dinyatakan mampu memahami perkara yang dihadapinya. 

"LE juga mampu memahami perkara yang dihadapi dan termasuk mampu membela untuk dirinya dalam perkara tersebut," ucapya. 

"KPK berkomitmen untuk mempercepat proses hukum atas dugaan tindak pidana korupsi di Papua ini," lanjutnya. 
sinpo

Komentar: