Kutuk Penyanderaan, Pimpinan DPR Minta TNI-Polri Menindak Tegas OPM

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 08 Februari 2023 | 14:58 WIB
Wakil ketua DPR Ri Sufmi Dasco Ahmad (SinPo.id/ Dok)
Wakil ketua DPR Ri Sufmi Dasco Ahmad (SinPo.id/ Dok)

SinPo.id -  Wakil Ketua DPR RI Dasco mengutuk keras teror Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) yang membakar maskapai Susi Air serta menyandera pilotnya. Dasco meminta satuan TNI-Polri menindak tegas peneror warga Papua tersebut.

"Ya sekali lagi memang Papua ini memprihatinkan, dan kita mengutuk keras cara-cara yang tidak berperikemanusian," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 8 Februari 2023.

Menurut Dasco, toleransi pemerintah selama ini sudah cukup, sehingga langkah tegas diperlukan. Politikus Gerindra itu memastikan Parlemen mendukung langkah TNI-Polri menegakkan hukum terhadap kelompok teroris tersebut.

“TNI-Polri harus melindungi warga Papua,” kata Dasco menegaskan.

Sebelumnya Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) mengaku telah menyandera pilot maskapai Susi Air. Penyanderaan dilakukan usai kelompok perusuh Papua itu membakar kapal terbang tersebut, Selasa, 7 Februari 2023 kemarin.

"Pilotnya kami sudah Sandera dan kami sedang bawa keluar,” kata juru bicara Komnas TPNPB-OPM Sebby Smbom.

Sebby minta agar anggota TNI-Polri tidak menembak atau menginterogasi masyarakat sipil di Kabupaten Nduga secara sembarangan.

“Karena yang melakukan adalah kami TPNPB OPM Kodap III Ndugama-Derakma di bawah Pimpinan Panglima Brigjen Egianus Kogoya," kata Sebby menjelaskan.sinpo

Komentar: