Silaturahmi ke Golkar, PKS: Menjaga Iklim Demokrasi Kondusif

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 08 Februari 2023 | 15:32 WIB
Sekretaris Jenderal PKS Habib Aboe Bakar Al Habsyi/ Parlementaria
Sekretaris Jenderal PKS Habib Aboe Bakar Al Habsyi/ Parlementaria

SinPo.id - Sekretaris Jenderal PKS Habib Aboe Bakar Al Habsyi menyebut kunjungan partainya ke DPP Golkar untuk menjalin silaturahmi. Khususnya, menjaga proses perhelatan Pemilu 2024 tetap kondusif.

"Mendekati pileg dan pilpres 2024, setiap komponen bangsa perlu memastikan suasana politik nasional yang kondusif. Kita mengapresiasi upaya untuk menciptakan dan memelihara iklim demokrasi yang kondusif," kata Habib Aboe dalam keterangannya, Jakarta, Rabu, 8 Februari 2023.

Habib Aboe menekankan kunjungan ini tidak merubah keputusan PKS untuk tetap membangun koalisi bersama NasDem dan Demokrat. Namun, PKS berkomitmen terus mengembangkan dialog dengan partai-partai politik sebagai salah satu pilar demokrasi.

"Kita bersilaturrahim ke Partai Golkar karena  Partai Golkar adalah salah satu kekuatan politik utama yang punya potensi dalam menciptakan stabilitas sosial dan politik bangsa," kata Habib Aboe.

Kendati begitu, Habib Aboe menyebut PKS-Golkar memiliki pandangan yang sama dalam Pemilu 2024. Salah satunya, mendukung sistem proporsional terbuka diterapkan dalam pesta demokrasi 2024 tersebut.

"Kita tidak boleh mundur ke belakang dengan kembali menerapkan sistem proporsional tertutup. Apa yang sudah berjalan dengan sistem proporsional terbuka sudah tepat untuk dilanjutkan di Pemilu 2024," kata dia.

Di sisi lain, PKS menghormati sikap politik Golkar yang membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama PAN dan PPP. Meski demikian, PKS tetap membuka peluang kerja sama jika Golkar ingin bergabung bersama PKS mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (bacapres) bersama-sama Partai Demokrat dan NasDem.

"Kami terbuka jika ada keinginan untuk bersama-sama di Pilpres 2024," kata dia.

Tak hanya ke Golkar, PKS memastikan bakal terus melakukan silaturahim kebangsaan dengan parpol lain. "Selain partai Golkar kita juga akan terus bersilaturrahim dan berdialog dengan partai-partai yang lain dalam waktu dekat ini. Memastikan demokrasi yang sehat adalah tanggung jawab kita bersama," tegasnya.sinpo

Komentar: