Pertemuan Muhaimin dengan Airlangga, Konsolidasi Partai Pendukung Pemerintah

Laporan: Sri Dewi Andayani
Jumat, 10 Februari 2023 | 13:52 WIB
Cak Imin dan Airlangga bertemu sambil jalan santai di istora sambil membicarakan Pemilu 2024 (Ashar/SinPo.id)
Cak Imin dan Airlangga bertemu sambil jalan santai di istora sambil membicarakan Pemilu 2024 (Ashar/SinPo.id)

SinPo.id -  Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Jum’at 10 Februari 2023 pagi tadi. Kedua pentolan partai mengaku pertemuan itu sebagai konsolidasi partai pendukung pemerintah Presiden Joko Widodo.

“Pertemuan antara dua partai dan tadi kami bersepakat bahwa tugas sebagai koalisi partai yang di dalam pemerintahan, jadi semakin dan semakin perlu dikonsolidasikan karena banyak agenda utama yang harus dilaksanakan,” kata Airlangga Hhartarto, usia pertemuan.

Salah satu yang dibahas dalam pertemuan itu membicarakan Perppu Ciptakerja. “Ini berproses dalam waktu tidak terlalu lama karena bapak presiden telah memberikan Surpres ke Parlemen dan hari ini ada Cak Imin. Kami juga sudah berkomunikasi juga dengan partai-partai di Senayan,”  ujar Airlangga menambahkan.

Ia menyebut pertemuan itu merupakan hal yang penting terutama untuk mendorong kepastian tahun 2023 terkait dengan tantangan global yang belum selesai. Selain itu juga membahas memasuki tahun politik, PKB dan Golkar sepakat menciptakan susana lebih adem.

Airlangga juga menyatakan partainya terbuka, dan peluang sangat besar untuk kerja sama dengan PKB. Menurut dia, partai Golkar sudah berbicara dengan ketua umum partai yang tergabung di KIB.

“Semuanya menyambut positif pertemuan hari ini. Jadi welcome, tangan terbuka, kantor terbuka, pertemuan di restoran yang terbuka,” kata Airlangga menjelaskan.

Ia mengatakan, pertemuan itu menunjukan saat ini proses berpolitik secara terbuka.

Ketua PKB Muhaimin Iskandar mengatakan ada pembicaraan ringan meski sangat mendalam dalam pertemuan dengan Airlangga. “Terutama kita ingin pemerintahan yang kita bersama-sama dalam koalisi ini benar-benar produktif di akhir periode terutama menghasilkan kerja kerja pemerintahan dan politik yang benar-benar bermanfaat,” kata Muhaimin.

Ia mengatakan, pertemuan itu menghasilkan komitmen bersama-sama mengedepankan kepentingan negara di atas kepentingan diri kita, golongan, maupun kepentingan apa pun.

“Ini luar biasa, menjadi komitmen yang insyaallah kita juga berharap kerjasama partai partai itu terus diikuti dengan semangat yang sama, baik koalisi KIB, koalisi Indonesia Raya, semuanya komitmennya adalah negara,” kata Muhaimin menjelaskan.

Muhaimin maupun Airlangga sepakat ingin menuntaskan periode pemerintahan ini sekaligus menyiapkan langkah-lngkah menjaga politik Indonesia menuju Pemilu 2024.

“Penyempurnaan sistem politik, termasuk kita bersyukur komitmen untuk sistem Pemilu jangan diubah-ubah dulu,” katanya.sinpo

Komentar: