Sakit Gigi Bisa Sebabkan Penyakit Jantung, Ini Cara Mencegahnya

Laporan: Zikri Maulana
Sabtu, 11 Februari 2023 | 09:29 WIB
Ilustrasi/pixabay
Ilustrasi/pixabay

SinPo.id -  Menjaga kesehatan gigi dan gusi menjadi hal yang tidak bisa dianggap sepele. Pasalnya, gigi yang tidak sehat dan tidak bersih dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, bahkan diklaim dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Fakta terkait sakit gigi dapat menyebabkan penyakit jantung semakin menunjukkan titik terang, dengan semakin banyak bukti ilmiah dan teori yang menunjukkan bahwa keduanya memiliki keterkaitan erat.

Melansir Halodoc, Peneliti berkeyakinan kuat bahwa bakteri yang ada pada penyakit gusi dapat menyebar ke seluruh tubuh dan memicu peradangan pada pembuluh jantung dan infeksi pada katup jantung.

Bakteri penyebab gingivitis yang menginfeksi gusi dapat menyebar ke pembuluh darah. Kondisi ini dapat memicu gumpalan darah kecil. Penumpukan gumpalan darah kecil tersebut dapat memicu serangan jantung dan penyakit kardiovaskuler lain seperti stroke.

Adanya faktor risiko seperti kebiasaan merokok juga sama-sama dapat meningkatkan risiko sakit gigi dan penyakit jantung.

Bahkan, sebuah studi yang diterbitkan pada 2018 menjadi salah satu bukti ilmiah terbesar untuk mendukung keterkaitan ini. Pada studi ini, peneliti menganalisis data dari hampir satu juta orang yang mengalami lebih dari 65.000 kejadian kardiovaskular (termasuk serangan jantung).

Para peneliti kemudian menemukan korelasi sedang antara kehilangan gigi (ukuran kesehatan mulut yang buruk) dan penyakit jantung koroner. Setelah memperhitungkan usia sebagai aspek penilaian.

Mengingat risiko penyakit jantung dapat meningkat akibat gigi yang kurang terawat, penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihannya dengan baik. Ada beberapa kebiasaan yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, yaitu:

1. Sikat gigi minimal dua kali sehari, yaitu setelah mengonsumsi makan dan sebelum tidur.

2. Gunakan obat kumur agar dapat membasmi bakteri yang terdapat dalam mulut dan gigi secara lebih optimal.

3. Bersihkan lidah secara rutin karena lidah dapat menjadi tempat bakteri berkembang biak.

4. Mengonsumsi makanan yang sehat buah dan sayuran tertentu. Contohnya seperti apel dan wortel diklaim dapat membantu kamu mencegah plak pada gigi.

5.Rutin lakukan pemeriksaan gigi dalam jangka waktu enam bulan sekali. sinpo

Komentar: