PBNU Ajak Pengurus Salat Gaib untuk Korban Gempa Turki-Suriah

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 11 Februari 2023 | 11:35 WIB
Salah satu gedung terdampak Gempa Turki/Getty Images
Salah satu gedung terdampak Gempa Turki/Getty Images

SinPo.id -  Jajaran Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) wilayah, pengurus cabang, dan pengurus cabang istimewa NU diminta menggelar salat gaib dan tahlil untuk korban gempa di Turki dan Suriah. Pelaksanaan salat gaib ini dilakukan usai salat Jumat.

"PBNU mengimbau kepada PWNU, PCNU se-Indonesia, dan PCI NU agar menyelenggarakan salat gaib dan tahlil setelah pelaksanaan salat Jumat bersama seluruh warga NU di wilayah masing-masing yang ditujukan untuk korban meninggal dunia dalam bencana gempa bumi di Turki dan Suriah," kata Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf dan Sekjen PBNU H Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dalam keterangan tertulis, Sabtu, 11 Februari 2023.

Gus Ipul menyampaikan PBNU turut berbelasungkawa atas bencana yang mengakibatkan ribuan korban jiwa dalam gempa bumi tersebut.

"Semoga Allah SWT mengampuni segala salah dan khilaf mereka, serta menerima semua amal kebaikan mereka selama hidup," kata dia.

Catatan Badan Penanggulangan Bencana Turki (AFAD), korban tewas akibat bencana ini mencapai 12.391 orang dan 62.914 lainnya terluka.

Tak hanya itu, lebih dari 6.000 bangunan runtuh akibat gempa berkekuatan 7,8 magnitudo.

Tak hanya itu, terjadi gempa susulan berkekuatan 6,7 dan 7,5 magnitudo. Gempa susulan itu terjadi dalam waktu kurang dari 10 jam.
sinpo

Komentar: