MPR Minta Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Bencana

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 11 Februari 2023 | 14:25 WIB
Lestari Moerdijat/Parlementaria
Lestari Moerdijat/Parlementaria

SinPo.id -  Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana guna mencegah timbulnya korban jiwa saat terjadi bencana. Peningkatan kediapsiagaan harus dilakukan mulai dari lingkungan keluarga hingga pemerintah daerah.

"Potensi ancaman bencana hidrometeorologi harus segera diantisipasi dengan peningkatan kesiapan masyarakat dalam menghadapinya," kata Lestari dalam keterangan tertulis, Jumat, 10 Februari 2023.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat korban jiwa akibat bencana hidrometeorologi dalam empat tahun terakhir terus bertambah. Tercatat juga, kerugian yang dialami masyarakat akibat kerusakan rumah dan fasilitas lainnya mencapai Rp31,5 triliun.

Lestari mengingatkan potensi ancaman bencana tersebut harus benar-benar dipahami masyarakat. Khususnya, masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bencana.

Menurut dia, sejumlah upaya kesiapsiagaan yang diperlukan dalam lingkup keluarga, adalah memahami rute evakuasi bila bencana terjadi, memahami kapan harus evakuasi, mempersiapkan tas siaga bencana, dan nomor kontak aparat keamanan.

Selain itu, dia mendorong adanya pembentukan tim siaga desa dan kecamatan untuk memantau dan mengidentifikasi potensi bencana di wilayahnya masing-masing. Sistem kesiapsiagaan di tingkat masyarakat ini diharap dapat dibangun lewat kolaborasi yang baik antar para pemangku kepentingan di pusat dan daerah.

Lestari menyebut dibutuhkan sosialisasi masif agar sejumlah upaya evakuasi dari ancaman bencana menjadi pengetahuan umum masyarakat. Sejumlah pelatihan penanggulangan kebencanaan juga harus ditingkatkan untuk memberikan pemahaman yang cukup bagi masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana alam.sinpo

Komentar: