Pasca Gempa, Polda Papua Berikan Bantuan Trauma Healing bagi Pengungsi

Laporan: Sigit Nuryadin
Senin, 13 Februari 2023 | 06:52 WIB
Foto: Div Humas Polri
Foto: Div Humas Polri

SinPo.id -  Kepolisian Daerah (Polda) Papua membantu korban bencana alam gempa bumi di Kota Jayapura, Papua. Selain membantu mengevakuasi korban, Polda Papua melalui Bagian Psikologi Biro SDM Polda Papua menggelar trauma healing bagi para pengungsi.

"Kehadiran kami di sini untuk memberikan pelayanan psikologi sosial dimana metode yang digunakan adalah trauma healing, bermain, bernyanyi, dan memberikan snack untuk anak-anak. Serta relaksasi, konseling individu dan konseling kelompok untuk para ibu-ibu," kata 
Katim Psikologi SDM Polda Papua       

Kompol Dorthea Ansanay pada Minggu, 12 Febuari 2023.

Trauma healing sendiri adalah suatu proses pemberian bantuan berupa penyembuhan untuk mengatasi gangguan psikologis seperti kecemasan, panik, dan gangguan lainnya karena lemahnya ketahanan fungsi-fungsi mental yang dimiliki individu.

Dia menjelaskan trauma healing diberikan di beberapa titik pengungsian, salah satunya di Lapangan Samping Bank BTN, Kelurahan Numbay Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura.

Dorthea menyebut, sasaran trauma healing diberikan kepada anak-anak dan ibu-ibu. Terlihat, kata dia, mereka tertawa dan tersenyum lepas dengan kegiatan trauma healing yang diberikan anggota Polri.

"Untuk trauma healing kami berikan penguatan kepada anak-anak dengan berbagai macam permainan untuk meringan beban psikologi yang terjadi kepada anak-anak," tuturnya.

Menurut Dorthea, anak-anak lebih prihatin ketimbang orang tua lantaran orang tua masih bisa menyelamatkan diri ketimbang anak-anak yang masih membutuhkan bantuan dari orang dewasa.

"Para anak-anak dan ibu-ibu terlihat bahagia dan hal ini untuk mengobati trauma para pengungsi pasca gempa. Semoga  yang dilakukan Polri dalam hal ini Polda Papua bisa meringankan beban para korban dan berharap semuanya segera pulih kembali," kata dia menambahkan.sinpo

Komentar: