Dasco Paparkan Sejumlah Pencapaian DPR RI dalam Masa Persidangan III

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 16 Februari 2023 | 12:13 WIB
Dasco ketika memimpin rapat paripurna DPR/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika
Dasco ketika memimpin rapat paripurna DPR/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika

SinPo.id - Wakil Ketua DPR RI, Dasco, memaparkan sejumlah pencapaian DPR RI selama masa persidangan III tahun sidang 2022-2023. Salah satunya terkait dengan kesepakatan biaya penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

Dalam masa sidang ini, DPR bersama pemerintah telah sepakat merasionalisasikan biaya haji menjadi lebih rendah dari biaya yang diusulkan pemerintah, dari Rp 69,19 juta, menjadi Rp 49,8 juta.

"Hasil ini menunjukkan bahwa DPR memperhatikan aspirasi masyarakat terkait ibadah haji," kata Dasco, dalam pidatonya, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 16 Februari 2023.

Di samping itu, DPR juga telah memberikan persetujuan mempertimbangkan dan menetapkan pejabat publik dan non pejabat publik terhadap sembilan calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) pusat, periode 2022-2025.

"Kemudian juga penetapan 13 calon duta besar luar biasa dan berkuasa penuh, calon Deputi Gubernur BI, seeta kantor akuntan publik pemeriksa laporan keuangan BPK RI," paparnya.

Lebih lanjut, kata Dasco, dalam melakukan proses uji kelayakan publik dan non publik tersebut, DPR RI memberikan perhatian pada integritas kompetensi dan komitmen dalam membangun tujuan institusi dan pelayanan publik.

Selain itu, DPR RI juga turut mengapreasiasi kerja pemerintah atas kinerja Diplomasi Indonesia pada tahun 2022. Sehingga pada tahun ini parlemen akan terus mendorong upaya diplomasi untuj meningkatkan jumlah investasi, dan membuka lebih banyak kerja sama internasional.sinpo

Komentar: