Rambutan Goreng, Camilan Anti-Mainstream yang Harus Dicoba Saat ke Jambi

Laporan: Sinpo
Minggu, 19 Februari 2023 | 04:37 WIB
Rambutan goreng khas Jambi/ beautynesia
Rambutan goreng khas Jambi/ beautynesia

SinPo.id - Masyarakat Indonesia umumnya mengonsumsi rambutan secara langsung. Meski ada juga yang mengolahnya menjadi berbagai manisan atau campuran minuman, seperti jus dan es buah.

Namun di Jambi, rambutan juga biasa dibuat sebagai gorengan. Ya, rambutan goreng sudah lazim dikonsumsi oleh masyarakat Jambi.

Cita rasa manis segar khas rambutan dipadukan dengan renyahnya tepung akan menjadi sensasi tersendiri.   Meskipun termasuk kuliner yang tidak biasa, camilan ini banyak dicari karena rasanya yang lezat.

Dikutip dari website pariwisataindonesia, pembuatan camilan ini memakan waktu cukup lama. Karena pada awalnya rambutan harus dikeringkan hingga kadar air dalam daging rambutan hilang. Hal ini untuk memudahkan saat proses penggorengan.

Setelah kering, daging rambutan dibalut adonan tepung terigu, garam, vanili, dan telur, kemudian digoreng dalam minyak panas.

Meskipun dibuat tanpa pengawet, camilan khas Jambi ini bisa tahan hingga enam bulan. Kuliner ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh saat berlibur di Jambi.sinpo

Komentar: