Izin Usaha, Mempermudah Pengembangan UMKM Jakarta

Laporan: Andi Muhammad Rezaldy
Minggu, 19 Februari 2023 | 21:40 WIB
Ilustrasi UMKM/Ist
Ilustrasi UMKM/Ist

SinPo.id -  Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranyang sangat besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Meskipun dari sisi skala bisnis relatif tidak sebesar perusahaan dengan skala besar, namun UMKM memiliki kontribusi atau peranan cukup penting dalam perluasan kesempatan kerja serta penyerapan tenaga kerja.

Sejalan dengan itu, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta pun terus berupaya mendorongpengembangan UMKM dengan melakukan berbagai inovasi gunamempermudah masyarakat, para calon pengusaha maupun pelaku UMKM, dalam mengurus perizinan maupun nonperizinan di wilayah Jakarta.

Izin usaha menjadi suatu hal yang sangat penting guna memberikan jaminan perlindungan hukum bagi para pelaku UMKM. Dengan memiliki izin usaha, pelaku usaha dapat menjalankan operasional bisnis secara aman dan nyaman sehingga tidak perlu khawatir terhadap ancaman-ancaman lain yang kerap menimpa usaha yang tidak memiliki perizinan seperti penertiban maupun pembongkaran. Selain itu, izin usaha juga dapat mempermudah pengembangan usaha.

Seperti yang diungkapkan Erna Sari, Pemilik usaha Ayam Penyet Bandung (APB) yang lebih dari 13 tahun menjalani bisnis kuliner di Jakarta. Erna mengungkapkan selain terus berinovasi dalam menjalankanbisnis, yang tidak kalah penting baginya adalah mengenai perizinan. Menurutnya, legalitas usaha menjadi salah satu faktor utama dalammembantu kelancaran bisnis makanan dan minuman yang saat ini sedangdijalankannya.

“Izin usaha itu penting banget, apalagi saat produk kita sudah siap edar, itu penting banget. Perizinan yang lengkap juga menjadi salah satu nilai tambah bagi sebuah produk, yakni sebagai jaminan mutu kepadapelanggan. Selain perizinan, usaha bidang makanan dan minuman jugaharus dilengkapi dengan berbagai sertifikasi atau nonperizinan untuk menjamin keamanan dan kualitas produk” tutur Erna dalam Layanan Jakarta On TV Eps. 86 bertajuk ‘Konsistensi UMKM, dari Pinggir Jalan Hingga Luar Negeri’ yang ditayangkan di Youtube Layanan Jakarta – DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta.

Erna kemudian membagikan pengalamannya saat mengurus perizinan Ayam Penyet Bandung (APB). Ia mengaku sangat puas dengan kerja para petugas DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta yang begitu cepat memprosesizin usahanya kala itu. Erna juga mengaku mendapatkan pelayanan yang baik dari petugas saat mengurus perizinan.

“Masya Allah, Alhamdulillah saya sangat dimudahkan banget ya untuk membuat perizinan UMKM atau NIB. Itu cukup satu hari, langsung jadi,bahkan 1 jam langsung saya terima. Mudah banget tanpa repot, tanpa ribet, praktis, semuanya dibantu oleh DPMPTSP Provinsi DKI Jakartayang begitu luar biasa,” ungkap Erna.

Erna menilai, izin usaha menjadi salah satu kunci bagi pelaku UMKM untuk bisa terus mengembangkan usahanya ke skala yang lebih besar. Melalui izin usaha resmi yang dimilikinya, Erna mengaku juga kerapmendapatkan pendampingan program kewirausahaan terpadu yang diselenggarakan oleh pemerintah baik Kementerian/Lembaga maupunPemprov DKI Jakarta. Saat ini usaha APB yang dijalankannya telah mancatatkan omzet Rp.4 juta per hari dengan membuka berbagai cabang di wilayah Jakarta dan sekitarnya bahkan salah satu produk olahan makanan yang dibuatnya telah menembus pasar Luar Negeri.sinpo

Komentar: