Enam Helikopter Dikerahkan untuk Evakuasi Kapolda Jambi dan Rombongannya

Laporan: Sigit Nuryadin
Senin, 20 Februari 2023 | 16:42 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo/ Dok. Polri
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo/ Dok. Polri

SinPo.id - Polri menyatakan saat ini tim evakuasi tengah melanjutkan evakuasi terhadap penumpang helikopter yang membawa rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyebut bahwa tim gabungan TNI-Polri dan Basarnas mengerahkan enam unit helikopter dalam proses mengevakuasi seluruh rombongan termasuk Kapolda Jambi.

"Kemudian dari tim darat sedang menentukan titik lokasi penjemputan untuk korban. Jam 10 tadi sudah diberangkatkan tim evakuasi jalur udara baik helikopter Polri maupun Basarnas," ujar Dedi di Mabes Polri, Senin, 20 Febuari 2023.

Menurut Dedi, evakuasi udara akan fokus terhadap Kapolda Jambi lantaran yang bersangkutan mengalami patah tulang. Dedi juga menyebut bahwa korban lain saat ini keadaannya stabil.

Lebih lanjut, Dedi mengungkapkan, tim udara telah mengirimkan bahan makanan dan berbagai logistik untuk kebutuhan korban. Kendati demikian, dia berharap cuaca akan tetap baik selama proses evakuasi tersebut.

"Alhamdulillah pada hari ini situasi dan cuaca cukup cerah sehingga tim evakuasi udara kita harapkan pada hari ini bisa mengevakuasi seluruh korban dan tim darat juga yang kurang lebih sekitar 350 orang juga bergerak," tuturnya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jambi Kombes Mulia Prianto, mengatakan upaya evakuasi melalui jalur udara terhadap penumpang helikopter yang membawa rombongan Kapolda Jambi Irjan Rusdi Hartono dihentikan sementara dilanjutkan pada Senin, 20 Februari 2023.

Menurut dia, proses evakuasi dihentikan sementara lantaran cuaca buruk dan gelap. Meski demikian, evakuasi jalur darat tetap berjalan.

"Proses evakuasi udara pada malam ini dihentikan dilanjutkan pada esok hari, karena faktor cuaca dan gelap. Evakuasi darat terus bergerak," kata dia, pada Minggu, 19 Februari 2023.sinpo

Komentar: