Prabowo: Empat Pesawat Tambahan TNI AU akan Bantu Pemerintah Turki

Laporan: Sinpo
Selasa, 21 Februari 2023 | 18:00 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto/ Tim media Prabowo Subianto
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto/ Tim media Prabowo Subianto

SinPo.id - Empat pesawat TNI AU berisi 140 ton bahan makanan dan bahan-bahan logistik lainnya telah diberangkatkan oleh pemerintah Indonesia untuk korban gempa di Turki dan Suriah melalui Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa (21/2).

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang turut mendampingi Presiden RI Joko Widodo pada pelepasan keberangkatan empat pesawat itu mengatakan, nantinya empat pesawat ini akan memperkuat pesawat Hercules TNI AU yang sudah berada di Turki sejak awal pemerintah memberikan bantuan.

“Empat pesawat akan menerbangkan bantuan ini sekaligus memperkuat pesawat Hercules TNI Angkatan Udara yang sudah berada di sana sejak awal pascagempa,” tulis Prabowo di akun Instagramnya usai pelepasan bantuan tersebut.

Sebelumnya, Indonesia telah mengirim bantuan kemanusiaan yang dikirimkan menggunakan pesawat Hercules C-130 dan Boeing 737 milik TNI AU yang dilepas Prabowo beserta jajaran pejabat negara lainnya dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu, 11 Februari 2023 lalu.

Dalam misi kemanusiaan saat itu, pesawat Hercules C-130 TNI AU diarahkan oleh Prabowo untuk tetap berada di Turki usai mengirim bantuan dari Indonesia untuk membantu pemerintah Turki mengangkut bantuan logistik ke sejumlah lokasi terdampak, serta mengevakuasi para korban dan pengungsi ke wilayah yang lebih aman.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia terus melakukan bantuan kemanusiaan untuk membantu pemerintah Turki dan Suriah dalam penanganan pascagempa bumi yang melanda kedua negara tersebut.

“Kita harapkan apa yang kita kirimkan ini dapat membantu saudara-saudara kita yang ada di sana,” ujarnya.sinpo

Komentar: