Kebutuhan Pokok Jelang Ramadhan

Pemprov DKI Jakarta diminta Aktif Sosialisasi Harga dan Stok Pangan

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 21 Februari 2023 | 17:55 WIB
Ilustrasi kebutuhan pokok di pasar (SinPo.id/ dok. Beritajakarta)
Ilustrasi kebutuhan pokok di pasar (SinPo.id/ dok. Beritajakarta)

SinPo.id -  Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (KPKP) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diminta aktif sosialisasikan harga dan pesrediaan pangan yang sering naik saat menjelang bulan Ramadhan. Salah satu cara yang disarankan sosialiasi lewat media sosial (Medsos).

"Dinas KPKP perlu menyosialisasikan harga maupun stok bahan pangan melalui media sosial agar tiap penjual maupun pembeli bisa mengetahui harga pasaran yang terbentuk,"  kata anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Anthony Winza Prabowo, Selasa 21 Februari 2023.

Sosialisasi itu dinilai penting, agar  masyarakat dapat mengantisipasi kenaikan sejumlah komoditas pangan jelang bulan suci Ramadan dan hari raya Idul Fitri.

"Sehingga penjual tidak berspekulasi untuk menaikkan harga jual karena keterbatasan informasi (Asymmetric Information)," ujar Anthony menambahkan.

Menurut Anthony, informasi merupakan faktor penting bagi penjual untuk menaikkan atau menurunkan harga. Oleh karena itu, informasi terkait stok dan harga pasaran harus bisa disampaikan dengan maksimal dan masif.

Begitu juga dengan pembeli, lewat informasi harga yang akurat, masyarakat bisa menentukan sikap untuk membeli sekarang atau menunda.

"Penundaan tersebut akan menstabilkan kembali harga pasar karena turunnya permintaan,”  kata Anthony menjelaskan.

Ia juga meminta agar Pemprov DKI rajin turun ke lapangan mengawasi langsung harga pangan di pasaran. Hal itu dinilai penting ketika stabilitas harga dan stok pangan dikhawatirkan melonjak tajam jelang bulan ramadhan.

"Pengecekan seperti operasi pasar sangat penting untuk menjaga stabilitas harga dan memastikan stok pangan di lapangan aman," kata Anthony menegasan.

 sinpo

Komentar: