Jokowi Beberkan Skema Indonesia Bisa Jadi Negara Maju

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 22 Februari 2023 | 16:08 WIB
Presiden Jokowi di Pembukaan Muktamar XVII PP Pemuda Muhammadiyah/ Youtube
Presiden Jokowi di Pembukaan Muktamar XVII PP Pemuda Muhammadiyah/ Youtube

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pemerintah sedang berusaha keras untuk menaikan taraf Indonesia dari negara berkembang menjadi negara maju. Salah satu cara yang diupayakan yaitu dengan membentuk ekosistem agar negara lain tergantung pada Indonesia.

Jokowi berkaca pada negara tetangga seperti Taiwan, Korea Selatan dan Jepang, di mana negara-negara tersebut bisa melakukan loncatan menjadi negara maju.

"Saya lihat apa sebabnya, ternyata mereka memiliki barang, memiliki produk yang dihasilkan SDM mereka yang menyebabkan negara lain tergantung pada dia," kata Jokowi pada Pembukaan Muktamar XVII PP Pemuda Muhammadiyah, Rabu 22 Februari 2023.

"Kita sekarang negara berkembang tapi keinginan untuk menjadi negara maju itu harus, dengan cara apapun harus," tambahnya.

Jokowi menjelaskan, untuk mengupayakan hal itu, saat ini Indonesia sedang mempersiapkan ekosistem baterai kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV).

Menurut Jokowi, seluruh bahan-bahan mentah yang dibutuhkan untuk membangun ekosistem tersebut ada di Indonesia. Dengan begitu, Indonesia akan memiliki ekosistem besar produsen kendaraan listrik.

"Karena kita nikel punya, tembaga memiliki, timah kita memiliki, bauksite kita memiliki, semua komponen yang dibutuhkan mobil listrik semua ada di Indonesia," ujarnya.

Langkah berikutnya yaitu tinggal melakukan integrasi seluruh komponen ekosistem baterai kendaraan listrik itu yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

"Bagaimaan nikel yang ada di Sulawesi, tembaga yang ada di Sumbawa dan di Papua, timah yang ada di Bangka Belitung, Bauksite yang ada Kalimantan Barat dan kepulauan Riau bisa di Integrasikan menjadi barang yang namanya EV Baterai," tandasnya.sinpo

Komentar: