KPK Beri Pembekalan Antikorupsi ke Partai Gelora

Laporan: Zikri Maulana
Kamis, 23 Februari 2023 | 13:53 WIB
Kantor KPK/SinPo.id
Kantor KPK/SinPo.id

SinPo.id -  Setelah pembekalan antikorupsi untuk Partai Buruh, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memberikan pembekalan antikorupsi untuk para kader Partai Gelora dalam program Politik Cerdas Beritegritas (PCB) Terpadu Tahun 2023. 

Juru Bicara Bidang Pencegahan KPK, Ipi Maryati, PCB untuk Partai Gelora digelar di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK. Ia juga mengatakan sebanyak 59 pengurus Partai Gelora terkonfirmasi hadir termasuk Ketua Umum (Anis Matta), dan Wakilnya Fahri Hamzah. 

"Konfirmasi yang kami terima, sebanyak 59 orang pengurus Partai Gelora akan hadir secara langsung, termasuk Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, Sekjen, dan Bendahara Umum. Selain itu, pengurus dan kader partai Gelora lainnya akan mengikuti kegiatan secara daring," kata Ipi kepada wartawan, Kamis 23 Februari 2023. 

Kegiatan ini yang dipimpin oleh Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango ini, dibuka oleh Direktur Pendidikan dan Pelatihan KPK yang kemudian dilanjutkan dengan pembekalan sejumlah materi. 

Materi yang bakal disampaikan dalam kegiatan ini, di antaranya tentang Penguatan Integritas; Sistem Integritas Partai Politik; Kontribusi Parpol dalam Pemilu yang Jujur, Bersih, dan Adil; serta pembahasan pembelajaran mandiri antikorupsi yang akan disampaikan oleh para pejabat di Kedeputian Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK. 

Dalam kesempatan tersebut, Ketum Partai Gelora juga akan menandatangani Deklarasi Bersama Integritas Partai Politik. Deklarasi ini merupakan komitmen parpol untuk menginternalisasi dan membangun integritas internal parpol. 

Antara lain dalam hal menolak money politic, benturan kepentingan, suap, pemerasan, gratifikasi dan tindak pidana korupsi lainnya; kesediaan sebagai role model dalam pemberantasan tindak pidana korupsi; kesediaan untuk meningkatkan pengetahuan antikorupsi, pengembangan politik cerdas berintegritas melalui pembelajaran antikorupsi yang difasilitasi oleh Pusat Edukasi Antikorupsi KPK; dan terlibat secara aktif dalam gerakan antikorupsi di lingkungan partai politik. 

Dalam rangkaian kegiatan PCB 2023 ini, Partai Gelora merupakan parpol kedua setelah Partai Buruh.

Selanjutnya, KPK akan menjadwalkan pembekalan antikorupsi untuk jajaran pimpinan dan pengurus dari empat parpol lainnya, yaitu Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Ummat, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha’at dan Taqwa. 

sinpo

Komentar: