PKS Resmi Deklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres 2024

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 23 Februari 2023 | 16:05 WIB
Anies Baswedan/ Instagram
Anies Baswedan/ Instagram

SinPo.id - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pemilu 2024. Pengusungan Anies diputuskan dalam Musyawarah Majelis Syura VIII yang berlangsung di Kantor DPTP PKS di Jakarta, hari ini.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu menyampaikan alasan pihaknya memilih Anies. Anies dianggap sosok yang nasionalis religius. 

"Saudara Anies Rasyid Baswedan adalah sosok pemimpin yang memiliki karakter nasionalis sekaligus religius," kata Syaikhu di Kantor DPTP PKS, Jakarta, Kamis, 23 Februari 2023.

Syaikhu menyebut Majelis Syura juga mempetimbangkan rekam jejak, khususnya sejarah keluarga Anies. Keluarga Anies dianggap berkomtribusi dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

"Jika kita membaca sejarah bangsa Indonesia, kita menyaksikan bahwa kakek beliau, AR Baswedan adalah salah satu pahlawan nasional dan pendiri bangsa yang berkontribusi besar dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia di berbagai forum internasional, darah juang dan kepahlawanan Sang Kakek insyaAllah akan diwarisi oleh Saudara Anies Rasyid Baswedan," kata dia.

Selain itu, Syaikhu menyebut Anies  sosok yang dapat memadukan antara nilai nasionalisme dan nilai agama menjadi satu kesatuan dalam membangun bangsa.

"Saudara Anies Rasyid Baswedan adalah sosok pemimpin yang bisa memadukan antara nilai-nilai nasionalisme dan islam menjadi satu kesatuan yang tidak bisa terpisahkan dalam membangun bangsa. Agama menjadi inspirasi nasionalisme, dan nasionalisme memuliakan agama," ujar Syaikhu.

Anies dinilai sosok yang mempunyai rekam jejak mumpuni ketika menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. 

"Saudara Anies Rasyid Baswedan adalah sosok pemimpin yang memiliki rekam jejak yang mumpuni dan menjadi simbol perubahan bagi kemajuan pembangunan di DKI Jakarta. Keberhasilan tersebut membuat beliau layak untuk melanjutkan kiprah kepemimpinan di level nasional," kata dia. 

Lebih jauh, PKS berharap Anies dapat melanjutkan cita-cita pendiri bangsa mewujudkan keadilan dan perubahan ke arah yang lebih baik. 

"Di pundak Saudara Anies Rasyid Baswedan, PKS berharap beliau dapat melanjutkan cita-cita para pendiri bangsa untuk mewujudkan Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur dengan mengambil langkah pembaharuan berisikan perubahan dan kesinambungan pembangunan," tegas dia.sinpo

Komentar: