Dibawa ke Jakarta, Begini Kondisi Terkini Kapolda Jambi

Laporan: Sigit Nuryadin
Kamis, 23 Februari 2023 | 18:58 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo/ Dok. Polri
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo/ Dok. Polri

SinPo.id - Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menjenguk Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono yang dirawat di RS Polri, pasca dievakuasi buntut peristiwa helikopter yang ia tumpangi mendarat darurat di Bukit Tamiai, Kerinci.

Dedi menuturkan bahwa hari ini Kapolda Jambi hari sudah menjalani operasi tangan yang mengalami dislokasi.

"Sekarang kondisinya beliau sudah stabil membaik dan masih harus butuh recovery kembali. Dan proses recovery ini kan butuh waktu khusunya untuk recovery medianya pasca operasi tangan," ujar Dedi di Jakarta, Kamis, 23 Februari 2023.

Usai operasi, kata Dedi, Kapolda Jambi akan menjalani observasi beberapa bagian tubuh lainnya, sehingga kondisi kesehatan Kapolda Jambi menjadi lebih baik ke depannya.

Dalam perawatannya, Dedi menuturkan Kapolda Jambi ditangani oleh beberapa dokter spesialis dan ahli dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Selain Kapolda Jambi, ajudannya juga akan menjalani operasi di Rumah Sakit Polri. Sebab, mengalami luka yang cukup parah di mata sebelah kanan.

"Untuk yang ajudan hari ini masih di recovery untuk lukanya yang di sini dulu. Jadi luka di sini harus disembuhkan dulu baru bisa dioperasi untuk tulang tengkoraknya yang ada di sini (mata). Iya retak, jadi operasinya cukup dari sini sampai dalam," katanya.

Secara umum, Dedi menuturkan kondisi Kapolda Jambi dan ajudan dalam kondisi lebih baik. Sementara untuk enam orang lainnya masih dalam perawatan, dimana empat orang masih di ruang perawatan di Jambi dan dua orang lainnya menjalani rawat jalan.

"Enam orang di Jambi yang saat ini masih di ruang perawatan empat ya, dua orang yaitu kru sama yang korspri menjalani rawat jalan," katanya.

Dedi menjelaskan, kondisi empat orang yang masih dirawat di ruang perawatan yakni kapten pilot helikopter masih melakukan pemasangan ven di kaki. Kemudian Dirpolair dan Dirkrimim serta co-pilot masih dalam proses penanganan medis.

"Co-pilot mungkin gak terlalu berat karena co pilot dalam waktu beberapa minggu ini sudah bisa pulih kembali," ujarnya.sinpo

Komentar: