Dosen UII Ahmad Munasir Ditemukan Selamat di AS, Kasus Ditutup

Laporan: Sinpo
Sabtu, 25 Februari 2023 | 00:30 WIB
Dosen UII, Ahmad Munasir Rafie Pratama,
Dosen UII, Ahmad Munasir Rafie Pratama,

SinPo.id -  Ahmad Munasir Rafie Pratama alias AMRP, dosen Universitas Islam Indonesia (UII) telah ditemukan di Amerika Serikat (AS). Kasus hilangnya Ahmad Munasir dinyatakan telah selesai. 

"AMRP berada di AS. Alhamdulillah dalam keadaan aman," ujar Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha kepada wartawan, Jumat 24 Februari 2023. 

Kementerian Luar Negeri dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di New York telah bertemu dengan Ahmad Munasir. Selain itu, Ahmad Munasir telah berkomunikasi dengan keluarganya dan pihak UII untuk menjelaskan mengenai kondisinya.

"AMRP telah berkomunikasi dengan pihak keluarga di Indonesia dan pihak UII, menjelaskan kondisinya, termasuk kondisi kesehatannya saat ini. AMRP dan keluarga memohon adanya ruang privat....dan permintaan tersebut penting untuk dihormati," kata dia. 

Judha Nugraha menambahkan ditemukannya Ahmad Munasir dalam keadaan selamat dan aman, maka 
penanganan hilangnya AMRP dinyatakan telah selesai. 

"Kemlu dan KJRI NY akan terus memantau kondisi AMRP dan memberikan pelayanan dan pelindungan sebagaimana diperlukan. Maka berbagai macam spekulasi mohon dapat dihentikan," ujarnya.

Untuk diketahui, Ahmad Munasir sempat dilaporkan hilang karena tidak kunjung tiba di Indonesia seusai pulang dari bertugas di Oslo, Norwegia. Setelah ditelusuri, Ahmad Munasir ternyata bertolak ke Boston, AS, dari Istanbul, Turki.

Kadiv Hubinter Polri Irjen Krishna Murti kemudian menjelaskan Ahmad Munasir bukan hilang, melainkan sengaja mengubah destinasi tanpa memberi tahu siapapun, termasuk keluarga. Ahmad Munasir juga diketahui sudah delapan kali bolak-balik ke AS.sinpo

Komentar: