Atasi Banjir, PSI Minta Pemprov DKI Kebut Program Normalisasi dan Sodetan

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 28 Februari 2023 | 18:04 WIB
Banjir di Jakarta/ Twitter
Banjir di Jakarta/ Twitter

SinPo.id - Ketua Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra Sastroamidjojo meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk mempercepat penuntasan program normalisasi dan sodetan untuk mengatasi banjir Jakarta.

"Di awal tahun ini berkali-kali Presiden Jokowi mengingatkan agar program normalisasi dan sodetan segera dikebut karena penanganan banjir kita karena memang beberapa tahun belakangan berjalan di tempat. Normalisasi saluran-saluran mikro di pemukiman juga harus menjadi fokus," kata Anggara melalui keterangan tertulis, Selasa 28 Februari 2023.

Anggara memaparkan ratusan titik genangan air di Jakarta itu merupakan sebuah bukti penanggulangan banjir di Jakarta belum banyak mengalami kemajuan beberapa tahun belakangan.

"Ini mengkhawatirkan dan merugikan warga DKI karena lagi-lagi harus mengalami bencana banjir karena curah hujan dan luapan kali," ujarnya.

Menurutnya, masyarakat Jakarta menanti pembuktian kerja dari Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono dalam penanganan banjir ini.

"Dari awal masa jabatan Pj Gubernur sudah memperlihatkan fokusnya pada penanggulangan banjir. Semoga eksekusinya dapat berjalan lancar. DPRD siap mengawal, masyarakat DKI menanti," tandasnya.

Selain itu, ia juga berharap Pemprov DKI agar memperhatikan seluruh warga yang mengungsi imbas dari banjir yang terjadi.

"Saya meminta agar Pemprov DKI memperhatikan seluruh warga terdampak agar mendapat bantuan yang layak di tengah musibah ini," tandasnya.

Sebelumnya, hujan deras yang terjadi terus menerus menyebabkan banjir dan genangan terjadi di beberapa wilayah di Jakarta.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebut akibat hujan lebat tetus menerus mengakibatkan beberapa sungai mengalami kenaikan tinggi permukaan.

BPBD mencatat banjir telah merendam ratusan rukun tetangga (RT) dan menyebabkan ratusan warga mengungsi. Ketinggian banjir bahkan tetcatat hingga mencapai satu setengah meter.sinpo

Komentar: