Rachmat Gobel Pastikan DPR dan Pemerintah Sudah Satu Suara Soal IKN

Laporan: Sinpo
Selasa, 28 Februari 2023 | 18:35 WIB
Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel/ Parlementaria
Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel/ Parlementaria

SinPo.id - Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel mengatakan pemerintah maupun parlemen satu suara terkait pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN). DPR RI pun telah memberikan dukungannya lewat produk perundangan-undangan.

"Pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan itu, ada UU yang dibuat oleh parlemen. Jadi, dasar pemikiran IKN ini menimbang UU No 3 Tahun 2022, bahwa tujuan pemindahan untuk memperbaiki tata kelola wilayah ibu kota negara," jelasnya di Tokyo, Jepang, dikutip dari website Parlementaria, Selasa, 28 Februari 2023.

Dukungan DPR RI dari sisi regulasi ini, kata Rachmat, menjadi sinyal bahwa pemerintah maupun parlemen sepakat bahwa pengalihan pusat pemerintahan ke wilayah tengah Indonesia itu menjadi sebuah terobosan baik.

"Tata kelola itu kelak diharapkan mewujudkan ibu kota negara yang modern, berkelanjutan, dan bisa menjadi acuan bagi pengelolaan wilayah lainnya di Tanah Air," katanya.

Lebih lanjut Rachmat menambahkan, pemangku kepentingan turut belajar dari pengalaman pandemi 2020. Saat itu, banyak masyarakat kesulitan karena ekonomi yang tidak merata antardaerah.

"Oleh karena itu, pasca-covid ini suatu momentum Presiden ingin mendorong pemerataan ekonomi," kata Politikus Partai NasDem.sinpo

Komentar: