Prabowo Beri Penghargaan kepada Singapura Terkait Komitmen Kerjasama Pertahanan

Laporan: Bayu Primanda
Rabu, 01 Maret 2023 | 12:21 WIB
Prosesi pemberian penghargaan Kemenhan RI untuk Singapura/Tim Media
Prosesi pemberian penghargaan Kemenhan RI untuk Singapura/Tim Media

SinPo.id -  Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Senior Minister and Coordinationg Minister For National Security, Republic Of Singapore H.E. Mr. Teo Chee Hean, di Kemhan Jakarta, Selasa, 28 Februari 2023.

Dalam pertemuan ini Menhan Prabowo menyampaikan penghargaan kepada Pemerintah Singapura yang telah menyelesaikan persyaratan dalam negeri bagi kerja sama pertahanan kedua negara.

“Kami menyambut baik setiap upaya untuk memperkuat dan menciptakan kerja sama pertahanan yang harmonis antara kedua negara dan terbuka untuk menjajaki seluruh potensi kerja sama pertahanan yang memberikan manfaat bersama,” jelas Menhan Prabowo.

Mengenai hubungan kerja sama pertahanan kedua negara, Menhan Prabowo menegaskan, sebagaimana yang tertuang pada Pernyataan Bersama Januari 2022, Kementerian Pertahanan berkomitmen untuk mempertahankan dan memperkuat kerja sama di bidang pertahanan melalui dialog kebijakan bilateral dan konsultasi masalah keamanan yang menjadi kepentingan bersama.

Menhan Prabowo menyarankan agar Implementing Arrangement (IA) untuk Military Training Area (MTA) menjadi topik prioritas. Selain itu juga bidang pendidikan.

“Salah satu prioritas kerja sama dengan Singapura adalah bidang pendidikan, dan Kementerian Pertahanan bermaksud mengembangkan kerja sama di bidang ini lebih intensif,” tegas Menhan Prabowo.

Menhan Prabowo kemudian mengundang personel Angkatan Bersenjata Singapura untuk mengambil program magister di Universitas Pertahanan RI.

Unhan RI menawarkan sejumlah program pendidikan seperti Diplomasi Pertahanan, Peperangan Asimetris, Manajemen Pertahanan dan program lainnya. Hingga saat ini, Unhan RI telah menerima mahasiswa internasional dari Australia, China, India, Malaysia, dan beberapa negara lainnya.sinpo

Komentar: