Menkeu: Rp348,7 Miliar APBN Digelontorkan agar RSCM Jadi RS Bertaraf Internasional

Laporan: Sinpo
Jumat, 03 Maret 2023 | 17:05 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/ Setkab
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/ Setkab

SinPo.id - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, APBN memberikan dukungan kepada Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) senilai Rp348,7 miliar untuk mewujudkan pelayanan rumah sakit bertaraf internasional.

"RSCM adalah referral (rujukan) pusat, dia adalah the ultimate rumah sakit yang sangat menentukan dan sekaligus juga menunjukkan seberapa mampu Indonesia sebagai sebuah bangsa negara memiliki sebuah rumah sakit referral yang bisa diandalkan", ujar Menkeu dikutip dari website Kemenkeu, Jumat, 3 Maret 2023.

Menkeu mengatakan, bidang kesehatan dalam APBN mendapat alokasi yang cukup signifikan. Pada tahun 2020 hingga 2022, pemerintah melakukan perbaikan layanan di berbagai rumah sakit milik pemerintah, baik itu yang dikelola oleh Kementerian Kesehatan, Pemerintah Daerah, TNI, maupun Polri.

Pemerintah juga fokus untuk mengurangi stunting, karena kualitas dari sumber daya manusia Indonesia di usia muda yang harus diselamatkan. Selain itu, penyakit diabetes melitus pun saat ini menjadi perhatian utama pemerintah.

"Kementerian Keuangan akan terus mendukung pendanaan dengan proper dan memadai. Karena memang negara tidak akan bisa maju tanpa sumber daya manusia yang sehat dan cerdas," katanya.

Lebih jauh Sri Mulyani mengungkapkan harapannya terhadap pengoperasian Gedung RSCM Kanigara, sebagai bagian pembangunan dan pembenahan berkelanjutan.

"Sehingga bisa menjadi sebuah referral hospital dan World Class Hospital yang bisa dibanggakan oleh bangsa Indonesia", pungkasnya.sinpo

Komentar: