Kemenparekraf akan Fasilitasi Pembiayaan bagi Desa Wisata di Maros

Laporan: Sinpo
Minggu, 05 Maret 2023 | 01:52 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi desa wisata/ Kemenparekraf
Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi desa wisata/ Kemenparekraf

SinPo.id - Menparekraf Sandiaga Uno membuka program Fasilitasi Akses Pembiayaan bagi Desa Wisata di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Fasilitasi ini bertujuan untuk memperkuat sektor parekraf yang ada di desa-desa wisata di Sulawesi Selatan, salah satunya di Desa Rammang-Rammang.

"Pembiayaannya berbasis CBT (Community Based Tourism)," kata Sandiaga dikutip dari website Kemenparekraf, Sabtu, 4 Maret 2023/

Sandiaga menuturkan akses pembiayaan yang ditawarkan merupakan kolaborasi antara Kemenparekraf dan PT. Sarana Multigriya Finansial (SMF). Program ini fokus pada pembiayaan berbasis komunitas karena pengembangan pariwisata berbasis komunitas dianggap sebagai pilihan yang tepat untuk mengembangkan potensi yang ada di desa-desa wisata.

"Karena yang akan merasakan manfaat dan nikmat peningkatan kunjungan wisatawan ke Kampung Karst Rammang-Rammang adalah masyarakat sendiri. Pemerintah memfasilitasi, ini akan membuka peluang usaha dan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Sementara, Direktur Keuangan dan Operasional PT. SMF, Bonai Subiakto, mengatakan akses pembiayaan ini nantinya akan bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan besar pinjaman berkisar antara Rp80 juta-Rp100 juta tanpa jaminan dengan jangka waktu cicilan hingga 10 tahun.

"Jadi ada pemberdayaan juga di sini untuk BUMDes dalam membantu masyarakat yang akan mendapatkan bantuan dari kita," ujar Bonai.

Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Rizki Handayani, menambahkan bunga cicilan dari pembiayaan hanya sebesar tiga persen. "Nanti bunganya akan berputar kembali ke BUMDes," kata Rizki.sinpo

Komentar: