Prabowo Subianto Dukung Penerapan Sistem Pemilu Proporsional Terbuka

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 05 Maret 2023 | 20:00 WIB
Ketum Gerindra Prabowo Subianto / Sinpo.id
Ketum Gerindra Prabowo Subianto / Sinpo.id

SinPo.id -  Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto mendukung Pemilu 2024 menerapkan sistem proporsional terbuka. Menurut dia, Gerindra ingin agar tetap ada keterwakilan dari berbagai elemen masyarakat untuk menjadi wakil rakyat di parlemen.

"Kan sudah jelas kalau Gerindra maunya terbuka. Sudah sering kita jawab. Bangsa kita sangat besar, sangat majemuk yah, masyarakat sangat besar, pertama ada tentunya pria dan perempuan, anak muda, petani, ada pedagang, ada purnawirawan ada akademisi, profesor, ada pengusaha ini ingin ada wakilnya," kata Prabowo di kediamannya, di Hambalang, Jawa Barat, Minggu 5 Maret 2023.

Prabowo berharap agar sistem pemilu bisa berjalan dengan demokratis, sehingga rakyat dapat dengan bebas memilih secara langsung wakilnya.

"Kalau tertutup yang menentukan hanya ketua umum partai satu orang ya kasian rakyat yang ini, kasian mereka tuh. Jadi Demokrasi berharap ya semua klompok, semua unsur, semua elemen dapat mengajukan wakil-wakilnya terserah rakyat yang milih," tandasnya.

Wacana perubahan sistem pemilu dari proporsional terbuka menjadi tertutup berawal dari gugatan uji materi yang diajukan oleh kader PDIP dan beberapa orang lainnya kepada Mahkamah Konstitusi (MK).

Mereka mengajukan gugatan agar pemilu kembali dilakukan dengan sistem proporsional tertutup seperti dulu. Sistem ini pernah dipakai saat Pemilu 1955, pemilu sepanjang orde baru dan pemilu 1999. Saat ini, proses sidang masih berjalan dan MK belum mengeluarkan putusan.
sinpo

Komentar: