Puan Minta Pemerintah Siapkan Intrumen Stabilkan Harga Kebutuhan Pokok Jelang Ramadhan

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 06 Maret 2023 | 16:24 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani saat meninjau Pasar Cihapit di Bandung, Jawa Barat pada Senin, 6 Maret 2023/Dok. Ketua DPR RI
Ketua DPR RI Puan Maharani saat meninjau Pasar Cihapit di Bandung, Jawa Barat pada Senin, 6 Maret 2023/Dok. Ketua DPR RI

SinPo.id - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah segera melakukan langkah-langkah untuk menekan kenaikan harga kebutuhan pokok sebelum memasuki bulan Ramadhan. 

Hal itu ia sampaikan usai meninjau Pasar Cihapit di Bandung, Jawa Barat pada Senin, 6 Maret 2023. Dalam kesempatan itu, Puan mendengarkan keluhan kenaikan harga kebutuhan pokok yang turut berdampak terhadap produksi produk makanan. 

“Pemerintah harus siapkan instrumen agar harga-harga tetap stabil jelang Ramadhan," kata Puan melalui keterangan tertulisnya, Senin 6 Maret 2023. 

Menurutnya, untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok, pemerintah perlu melakukan operasi pasar, manajemen stok, dan perlancar distribusi. Hal tersebut juga menjadi salah satu upaya dalam menekan inflasi. 

“Ini perlu dilakukan agar menekan inflasi sehingga saudara-saudara kita bisa melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan dalam suasana kondusif,” sambung Puan. 

Puan mendatangi sejumlah pasar tradisional untuk mengecek harga-harga kebutuhan pokok jelang bulan Ramadhan. Dalam kunjungannya, ia mendapat banyak keluhan terkait kenaikan harga bahan makanan seperti cabai dan sayur-sayuran.

Kenaikan harga yang terjadi signifikan. Atas dasar iyu, Puan meminta pemerintah untuk segera menangani permasalahan yang terjadi.sinpo

Komentar: