Israel Serang Bandara Aleppo Suriah, Bantuan untuk Korban Gempa Terhambat

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 08 Maret 2023 | 09:45 WIB
Bandara Aleppo (AFP Photo)
Bandara Aleppo (AFP Photo)

SinPo.id - Serangan udara Israel pada hari Selasa telah membuat Bandara Aleppo di Suriah tidak dapat digunakan. Memaksa otoritas Suriah mengubah rute penerbangan yang membawa bantuan bagi orang-orang yang terkena dampak gempa bulan lalu.

Menurut kantor berita SANA, dalam serangan kedua di bandara Aleppo selama enam bulan tersebut, pertahanan udara Suriah telay mencegat rudal yang diluncurkan dari Mediterania, sebelah barat kota pantai Latakia, pada pukul 02:07 (2307 GMT).

"Serangan itu menyebabkan kerusakan material ke bandara," kata SANA, tanpa menyebutkan korban, dilansir dari Reuters, Rabu 8 Maret 2023.

Kementerian Transportasi Suriah mengatakan, penerbangan bantuan kemanusiaan akan dialihkan ke Damaskus dan Latakia setelah agresi Israel. Padahal Uni Emirat Arab, Iran, Arab Saudi dan Aljazair telah menerbangkan bantuan ke Bandara Aleppo.

Sementara Kementerian Luar Negeri Suriah, dalam sebuah pernyataan, mengutuk serangan itu sebagai kejahatan ganda, dengan mengatakan bahwa serangan itu menghantam bandara sipil dan salah satu saluran utama untuk memberikan bantuan kemanusiaan bagi korban gempa.

Seperti diketahui, Israel telah bertahun-tahun melakukan serangan di Suriah, dengan target terkait Iran, lantaran pengaruh Teheran telah tumbuh sejak mulai mendukung Presiden Bashar al-Assad dalam perang saudara yang dimulai pada 2011.

Bahkan Israel sebelumnya mengatakan, serangan udaranya di Suriah telah memperlambat kubu Iran di negara itu, di mana Teheran telah mendukung kelompok pro-Assad termasuk Hizbullah Libanon.sinpo

Komentar: