Rem Blong, Bus Hantam Lima Kendaraan di Jalur Wisata Gunung Bromo

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Rabu, 08 Maret 2023 | 12:37 WIB
Bus pariwisata hantam lima kendaraan di Bromo (NTMC Polri)
Bus pariwisata hantam lima kendaraan di Bromo (NTMC Polri)

SinPo.id - Bus pariwisata Gracias bernomor polisi D 7849 AQ yang mengangkut rombongan pelajar dari Madrasah Aliyah (MA) Al Azhar, Depok mengalami kecelakaan beruntun. Bus tersebut menghantam lima kendaraan ketika turun dari kawasan wisata Gunung Bromo di jalan raya Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Selasa, 7 Maret 2023.

Kasatlantas Polres Probolinggo, AKP Sapari mengatakan, sejumlah orang hanya mengalami luka-luka akibat bus yang mengalami rem blong itu. Bus menabrak sebanyak empat mobil dan sebuah motor di Jalan Raya Lumbang, Kabupaten Probolinggo.

“Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan ini tidak sampai mengakibatkan korban jiwa,” ujar Sapari dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Sapari, sopir bus yang tidak bisa mengendalikan kendaraannya, kemudian bus menabrak empat mobil dan sebuah sepeda motor. Akhirnya bus berhenti setelah masuk ke dalam parit.

“Akibat rem blong, bus menabrak empat mobil dan sebuah sepeda motor. Bus sampai menyeret sejumlah kendaraan hingga sejauh sekitar satu kilometer,” kata dia.

Sapari menjelaskan, kecelakaan bermula saat bus pariwisata melaju dari arah Bromo atau arah selatan menuju ke utara. Sesampainya di dekat Pasar Lumbang, bus yang dikemudikan Mansur Wahyudi (65) hilang kendali. Lantaran berada di jalan menurun, bus menabrak lima kendaraan yang parkir di pinggir jalan sisi barat. 

"Setelah menabrak sejumlah kendaraan di area Pasar Lumbang, bus terus melaju ke arah Utara dan baru berhenti setelah masuk ke halaman rumah warga. Pasca kejadian, warga berdatangan untuk memberikan pertolongan pada korban," jelasnya.

Sejumlah korban luka kemudian dievakuasi ke Puskesmas Lumbang, RSUD Tongas Kabupaten Probolinggo, dan RSUD dr. Mohamad Saleh, Kota Probolinggo.sinpo

Komentar: