Dishub DKI Usul Hapus Aset 417 Bus Transjakarta, Termasuk Merek Zhong Tong

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 08 Maret 2023 | 18:35 WIB
Ilustrasi. Bus Transjakarta /Dok.Transjakarta
Ilustrasi. Bus Transjakarta /Dok.Transjakarta

SinPo.id - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta meminta izin DPRD DKI Jakarta untuk menghapus aset 417 armada Transjakarta. Ratusan bus tersebut dinilai sudah tidak layak dioperasikan. Beberapa armada di antara merupakan yang bermerek Zhong Tong.

Sekretaris Dishub DKI Jakarta, Ismanto menyebut ratusan bus Transjakarta tersebut dinilai sudah tidak layak dioperasikan dan perlu dihapuskan status kepemilikan asetnya.

"Ini merupakan bus yang tercatat di Dishub dan bukan termasuk dalam bus yang terkena sengketa,"kata Ismanto dalam rapat dengan anggota Komisi C di gedung DPRD DKI, Rabu 8 Maret 2023.

Ismanto menjelaskan, ratusan bus itu terdiri dari bus berbahan bakar minyak dan berbahan bakar gas. Selain itu rata-rata usianya juga sudah tua, di atas tujuh tahun.

Ratusan armada Transjakarta itu terdiri dari berbagai merek mulai Zhong Tong sebanyak 31 unit, Hino dan Mercedes sebanyak 44 unit, Hyundai dan Komodo sebanyak 87 unit, YuTong dan Angkai sebanyak 94 unit.

"Berikutnya juga merek Hino, Mercedes, Komodo, dan Hyundai sebanyak 104 unit, dan terakhir adalah merek Inobas dan Ankai sebanyak 57 unit," paparnya.

Ismanto mengungkapkan, proses permohonan persetujuan penghapusan 417 unit armada bus itu telah berlangsung sejak 2018. Namun, pembahasan penghapusan dengan Komisi C baru berlangsung hari ini.

Selama kurun waktu 2018 hingga 2023, lanjut Ismanto, pihaknya harus bersurat kepada BPAD DKI Jakarta hingga Gubernur DKI Jakarta untuk memohon persetujuan penghapusan aset.

"Setelah serangkaian surat dan proses dilakukan, sehingga berujung dibahas di DPRD,"tandasnya.sinpo

Komentar: