Warganet Ramai-ramai Dukung Prabowo-Ganjar di Unggahan Jokowi

Laporan: Bayu Primanda
Kamis, 09 Maret 2023 | 17:51 WIB
Kebersamaan Prabowo, Ganjar dan Presiden Jokowi/Tim Media
Kebersamaan Prabowo, Ganjar dan Presiden Jokowi/Tim Media

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau pelaksanaan panen raya padi di Desa Lajer, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Kamis, 9 Maret 2023.

Momen akrab bersama petani itu pun diunggah Jokowi melalui akun instagram pribadinya.

"Hadir di tengah sawah, berdialog dengan petani Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah yang sedang melaksanakan panen raya," tulis Jokowi.

Kolom komentar unggahan Jokowi yang menampilkan kehangatan ketiga tokoh dengan para petani itu pun ramai dibanjiri pujian warganet.

Tak hanya mengomentari kebersamaan ketiganya, sebagian warganet bahkan menangkap momen tersebut sebagai sinyal Jokowi untuk menduetkan Prabowo-Ganjar di Pilpres 2024.

"Apakah artinya Prabowo-Ganjar?" tulis akun @bonarasiagian.

"Prabowo-Ganjar, auto menang," komentar akun @gilangwage.

Namun, ketimbang menduga-duga arah dukungan Jokowi, ada juga netizen yang mendoakan Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo agar dipasangkan untuk meneruskan estafet kepemimpinan Jokowi.

"Cocok, pak.. Prabowo Ganjar," bunyi akun @jock.er68.

"Bismilah... semoga ini pertanda baik untuk kemajuan bangsa kedepannya.. PRABOWO GANJAR untuk Indonesia jadi negara maju," tulis akun @muzakkir_pratama.



Berdasarkan hasil survei sejumlah lembaga, duet Prabowo dengan Ganjar dinilai potensial memenangkan pemilu. Kedua sosok yang dinilai tulus bekerja untuk rakyat itu membuat dukungan untuk duet Prabowo-Ganjar kian tak terbendung.

Dukungan tersebut terpotret dalam survei terbaru Indonesia Polling Station (IPS) pada akhir Februari lalu. Duet Prabowo-Ganjar meraih elektabilitas hingga 58,5 persen.

Tak hanya IPS dukungan agar Prabowo dan Ganjar berada dalam perahu yang sama pun muncul dalam simulasi capres yang dibuat Charta Politika Indonesia pada akhir 2022. Survei itu menyebut elektabilitas duet dua sosok tersebut mencapai 45,3 persen.

Survei lain yang menunjukkan dukungan rakyat pada Prabowo-Ganjar juga terlihat dari simulasi yang dilakukan Political Statistics (Polstat) pada akhir Februari 2023.

Peneliti Polstat, Apna Permana memaparkan jika Pilpres hanya diikuti tiga pasangan, maka pasangan Prabowo-Ganjar unggul telak atas dua pasangan lainnya.

"Sebanyak 44,3 persen responden mengaku akan memilih pasangan Prabowo-Ganjar," kata Apna.

Adapun, dua pasangan lainnya yakni Anies-AHY berada di posisi kedua dengan tingkat keterpilihan 27,9 persen. Sementara, pasangan Airlangga-Erick Thohir bertengger di posisi ketiga dengan 25,2 persen.sinpo

Komentar: