Polda Gorontalo Siapkan Kondisi Kamtibmas dan Sukseskan Pemilu 2024

Laporan: Sigit Nuryadin
Kamis, 09 Maret 2023 | 20:54 WIB
Apel 3 Pilar Provinsi Gorontalo (Humas Polri)
Apel 3 Pilar Provinsi Gorontalo (Humas Polri)

SinPo.id - Polda Gorontalo dalam hal ini Diresktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) bersama Korem 133 Nani Wartabone dan Pemerintah Provinsi menggelar Apel Tiga Pilar dengan menghadirkan para Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Lurah/Kepala Desa Se-Provinsi Gorontalo di Gedung Grand Sumber Ria Kota Gorontalo, Kamis, 9 Maret 2023.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam memperkokoh soliditas dan sinergitas serta kemitraan tiga pilar sebagai ujung tombak pelayanan di masyarakat serta problem solver atas permasalahan yang terjadi sekaligus mempersiapkan kondisi Kamtibmas dan mensukseskan Pemilu 2024 di Wilayah Provinsi Gorontalo.

Kapolda Gorontalo Irjen Helmy Santika dalam arahannya  menjelaskan pentingnya peran tiga pilar ini yaitu Babinkamtibmas, Babinsa dan lurah/kepala desa sebagai yang terdepan dalam memberikan pembinaan dan pelayanaan kepada masyarakat.  

“Apel Tiga Pilar ini menjadi hal yang sangat strategis, karena tiga pilar ini penting dan perlu dalam upaya satu menjaga  stabilitas Kamtibmas yang kondusif di wilayahnya masing-masing, selain itu tiga pilar ini diharapkan bisa merespon cepat setiap persoalan yang ada di masyarakat, sekecil apapun sedini apapun untuk dapat diselesaikan secara musyawarah “Dulohupa” yang ada di Provinsi Gorontalo," ujar Helmy, Kamis, 9 Maret 2023.

Tiga pilar ini menurut dia, juga harus menjadi patriot dalam mempererat persatuan dan kesatuan bangsa,

“Karena ini sudah masuk tahun poitik tahapan Pemilu, diharapkan tiga pilar ini, di wilayahnya masing-masing dapat nengawal dan mensukseskan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar,” tuturnya.

Di kesempatan tersebut Helmi juga menegaskan tentang netralitas TNI dan Polri. “Soal netralitas, saya rasa tidak usah diragukan lagi, sudah jelas perintah dan garisannya bahwa Panglima TNI, Kapolri bahkan Presiden sudah menyampaikan bahwa TNI Polri Netral, kita siap mengamankan penyelenggaraan Pemilu 2024 sehingga nantinya hasil  Pemilu, siapapun yang terpilih menjadi legitimate dan akan bermanfaat bagi masyarakat di Provinsi Gorontalo," kata Helmy menjelaskan.sinpo

Komentar: