Legislator Demokrat Sarankan Erick Thohir Mundur kalau Tak Mampu Urus Pertamina

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 09 Maret 2023 | 21:16 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (SinPo.id/ Galuh)
Menteri BUMN Erick Thohir (SinPo.id/ Galuh)

SinPo.id - Anggota Komisi VII DPR RI Sartono Hutomo meminta langkah tegas Menteri BUMN Erick Thohir tak hanya sampai pada pelengseran Direktur Penunjang Bisnis PT Pertamina Dedi Sunardi. Erick harus menyingkirkan pihak yang bertanggung jawab atas kebakaran depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara.

"Tidak boleh hanya berhenti disana karena kesannya pencopotan itu hanyalah menjadi kambing hitam belaka," kata Sartono dalam keterangannya, Jakarta, Kamis, 9 Maret 2023.

Kepala Departamen Perekonomian DPP Partai Demokrat ini lantas menyinggung soal kesibukan Erick Thohir sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). 

"Akhir-akhir ini Menteri BUMN sendiri tengah sibuk dengan kepentinganya sendiri sebagai Ketua PSSI," ujarnya.

Dia menantang Erick Thohir untuk mundur dari jabatanya sebagai Menteri BUMN bila tak mampu lagi mengurus Kementerian yang membidangi perusahaan pelat merah tersebut.

"Saya pikir kalau tidak mampu lagi memimpin Kementerian BUMN lebih baik mundur dari posisinya dan fokus saja mengurus PSSI," tegas dia.

Sartono mengungkap alasan mengimbau Erick mundur dari jabatan Menteri BUMN. Salah satunya, insiden kebakaran di berbagai fasilitas Pertamina ini tidak hanya terjadi di Plumpang. Kejadian ini bahkan rentetan kecelakan di banyak fasilitas Pertamina.

"Di sini Kemeterian BUMN dan Menteri BUMN harus hadir dalam perbaikan Pertamina secara menyeluruh. Karena sebagai pengelola BUMN, kementerian dan menteri punya tanggung jawab secara profesional dan moral, dalam mengelola Pertamina," tegas dia.

 sinpo

Komentar: