Mantan Pengawal Jokowi Ditunjuk Jadi Pangdam Jaya

Laporan: Sinpo
Jumat, 10 Maret 2023 | 09:25 WIB
Mayjen Mohamad Hasan/Istimewa
Mayjen Mohamad Hasan/Istimewa

SinPo.id - Mantan pengawal Presiden Joko Widodo (Jokowi), Mayor Jenderal (Mayjen) Mohamad Hasan, ditunjuk menjadi Panglima Komando Daerah Militer Jayakarta (Pangdam Jaya) menggantikan Mayjen Untung Budiharto.

Kebijakan mutasi itu didasarkan Surat Keputusan Penglima TNI Nomor KEP/267/III/2023 tentang Pemberhentian dan dari Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

SK ini ditandatangani Kepala Sekretariat Umum TNI Brigjen TNI Edy Rochmatullah tertanda Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono per tanggal 8 Maret 2023.

Hasan pernah menduduki dua jabatan selama menjadi pengawal Jokowi yaitu sebagai Asrena Danpaspampres pada 2014 hingga 2016 serta Dan Grup A Paspampres pada 2016 sampai 2018.

Sebelumnya, Hasan menjabat sebagai Pangdam Iskandar Muda (IM). Jabatan yang ditinggalkan Hasan selanjutnya akan dijabat oleh Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdivif 3 Kostrad.

Pergantian Pangdam Jaya ini dilakukan karena Untung memasuki masa pensiun.

Dalam surat mutasi tersebut terdapat 18 perwira yang dirotasi dan mutasi. Termasuk Marsama TNI Agus Sudarmanto dan Brigjen TNI Wawan Tjahjono yang diangkat menjadi Staf Khusus Panglima TNI.sinpo

Komentar: