DPR Minta Pertamina Tanggungjawab Atas Kebakaran Depo Plumpang

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 10 Maret 2023 | 10:25 WIB
Diah Nurwitasari/SinPo.id
Diah Nurwitasari/SinPo.id

SinPo.id -  Dalam kunjungan ke Depo Pertamina Plumpang, Komisi VII DPR RI meminta pertanggungjawaban untuk jangka pendek dan jangka panjang atas kebakaran yang berdampak kepada warga sekitar.

"Yang kami diskusikan tentu pertama adalah saya sebutkan juga ada jangka pendek dan jangka panjang ya," kata Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PKS, Diah Nurwitasari, Kamis 9 Maret 2023.

Jangka pendek yang dimaksud yakni meminta Pertamina untuk memprioritaskan layanan terhadap masyarakat, dengan memberikan yang terbaik, serta bertanggungjawab penuh atas segala dampak kerusakan, kerugian, nyawa, fisik atau apapun yang ada di tengah masyarakat.

"Dalam eksekusinya Pertamina dapat berkoordinasi dengan pemerintah provinsi DKI Jakarta, supaya lebih tepat sasaran benar dan apa yang jadi harapan masyarakat betul-betul terjembatani," ungkapnya.

Kemudian kata Diah, Pertamina juga harus bertindak untuk menjamin pasokan BBM. Pasalnya, pipa yang digunakan untuk menyalurkan BBM dari Balongan belum dapat difungsikan karena masih dalam proses investigasi.

"Nah ketika pipa ini belum difungsikan, artinya Pertamina harus mencari cara, apakah penggalan pipa tertentu dibikin putaran kayak jalur alternatif untuk pipa itu, berarti mereka harus siapkan seperti itu," paparnya.

Sementara itu, terkait dengan jangka panjang Pertamina diminta untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh dan sungguh-sungguh terhadap kondisi infratruktur dan teknologi Pertamina.

"Nah ini yang kita dorong untuk Pertamina melakukan investigasi yang sungguh-sungguh untuk memperbaiki infrastrukturnya dan kemudian juga memutakhirkan teknologi," kata Diah menambahkan.
sinpo

Komentar:
BERITATERKINI