PLN Jakarta akan Lakukan Pemeliharaan Gardu Tanpa Pemadaman Listrik

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 10 Maret 2023 | 17:56 WIB
Ilustrasi gardu (Pixabay)
Ilustrasi gardu (Pixabay)

SinPo.id - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya akan menerapkan kebijakan pemeliharaan listrik tanpa melakukan pemadaman di seluruh DKI Jakarta.

Manager Operasi dan Pemeliharaan Sistem Distribusi PLN UID Jakarta Raya, Heri Sutikno mengatakan, langkah itu bisa dilakukan karena adanya teknologi baru bernama mobil unit gardu bergerak (UGB).

"Biasanya kalau dahulu kan padam maksimal tiga jam. Tapi kalau sekarang sudah tidak lagi. Kita lakukan pemeliharaan listrik ini di seluruh wilayah DKI Jakarta," kata Heri Sutikno dalam keterangannya yang diterima, Jumat 10 Maret 2023.

Heri menjelaskan, PLN UID Jakarta Raya dalam satu hari bisa mengerjakan pemeliharaan di enam sampai 10 titik. Dengan adanya UGB, saat ini pihaknya tidak perlu melakukan pemadaman sehingga pelanggan bisa terlayani semuanya.

"Kami memiliki 23 unit UGB yang bisa dikerahkan untuk melakukan pemeliharaan tanpa pemadaman ke seluruh wilayah Jakarta," ujarnya.

Menurut Heri, program tersebut juga menyelamatkan pendapatan PLN UID Jakarta Raya. Selama 2023, pekerjaan pemeliharaan di 150 gardu tetap bisa berjalan tanpa perlu memadamkan aliran ke pelanggan.


Dengan begitu, setidaknya terkumpul pendapatan Rp240 juta dari tarif pemakaian listrik masyarakat karena tidak perlu sampai melakukan pemadaman.

"Jadi, 150 gardu kita dapatnya Rp240 juta. Bagi PLN sendiri ini sangat bermanfaat sekali ya karena kita tidak kehilangan potensi untuk menjual," ungkap Heri.

Selain itu, pihaknya terus berupaya melakukan improvisasi terus-menerus. Sehingga, PLN UID Jakarta bisa tetap optimal menjaga pasokan listrik ke pelanggan tanpa sampai mengecewakan mereka.

"Awalnya mikirnya wah ada PLN berarti akan ada padam, dulu mikirnya kayak gitu. Kalau sekarang ada PLN Alhamdulillah tidak padam," tandasnya.sinpo

Komentar: