Survei Citra Network Nasional: Sosok Ini Jadi Capres Idola Pelaku UMKM

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 11 Maret 2023 | 11:40 WIB
Ilustrasi/KPU
Ilustrasi/KPU

SinPo.id -  Lembaga Citra Network Nasional (CNN) merilis hasil survei mereka dengan tema preferensi pelaku usaha terhadap bakal calon presiden dan partai politik jelang Pemilu 2024.

Survei itu juga untuk mengukur arah suara pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dan pelaku usaha besar di ajang Pemilu 2024 mendatang.

Koordinator survei CNN Muhammad Dandy menuturkan survei ini dilakukan terhadap 2.200 responden di 34 provinsi sebagai sampel penelitian. Para responden itu berlatar belakang pelaku usaha.

Adapun metodologi penarikan sampel mengunakan multistage random sampling. Hasil survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error 2,05 persen.

"Sebanyak 80,4 persen pelaku usaha optimistis tehadap kondisi ekonomi nasional, dan global akan berdampak positif bagi usaha mereka," ujar dia dalam siaran persnya, Sabtu, 11 Maret 2023.

Kemudian sebanyak 13,8 persen pelaku usaha pesimistis usahanya akan maju dan lancar.

"Sedangkan sebanyak 5,8 persen pelaku usaha tidak memberi jawaban" kata Dandy.

Dandy mengaku dari hasil penelitian terhadap 2.200 pelaku usaha di seluruh Indonesia terdapat 80,1 persen di antaranya puas terhadap kebijakan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dalam mendukung pelaku usaha di saat terpuruk Covid-19.

Kepuasan itu dalam merespons dampak pandemi Covid-19. Pemerintah pun secara persisten telah mengakselerasi upaya pemulihan ekonomi nasional melalui beragam kebijakan.

"Airlangga Hartarto dipilih oleh sebanyak 25,4 persen pelaku usaha. Hal ini menunjukkan kebijakan Airlangga itu sangat terasa oleh para pelaku usaha di Indonesia," beber dia.

Kemudian, sejumlah pelaku usaha memberikan penilaian bahwa Airlangga yang ditugasi oleh Jokowi sebagai Menko Perekonomian dinilai benar-benar punya pengalaman dan mampu mengelola perekonomian.

Baik dalam keadaan normal dan krisis ekonomi yang mampu mengelola dan mengatasi konflik politik untuk melahirkan kebijakan bagi keberlangsungan dunia usaha dan lapangan kerja.

"Misalnya dengan lahirnya Undang-Undang Cipta Kerja 2021. Di urutan kedua tokoh yang jadi pilihan pelaku usaha adalah Prabowo Subianto sebesar 17,2 persen," kata dia.

Pengamat politik dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, Ludiro Madu mengatakan hasil survei CNN itu menjadi daya tarik tersendiri.

"Hasil survei itu bukti pelaku usaha ingin perubahan dalam perekonomian ke depannya yang saat ini sudah lebih baik," kata Ludiro.

Ludiro mengungkapkan pemerintahan Jokowi juga telah berhasil melewati masa sulit pada saat Covid-19.

"Airlangga mendapatkan nilai positif bukan dari pelaku usaha UMKM saja, tetapi dukungan masyarakat, karena beliau mampu menangani perekonomian," kata diasinpo

Komentar: