Rusia Tak Boleh Diremehkan, NATO Desak Eropa Gelontorkan Senjata untuk Ukraina

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 11 Maret 2023 | 12:21 WIB
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg (Dokumentasi NATO)
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg (Dokumentasi NATO)

SinPo.id - Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan bahwa Rusia tidak boleh diremehkan dan Ukraina juga membutuhkan pasokan militer segera.

Dalam perjalanan ke pertemuan informal para menteri pertahanan Uni Eropa di Stockholm, Swedia, Stoltenberg mengatakan bahwa tidak dapat dikesampingkan bahwa kota Bakhmut di timur Ukraina mungkin pada akhirnya akan jatuh dalam beberapa hari mendatang.

Namun, dia mengatakan bahwa itu tidak harus mencerminkan titik balik perang. “Itu hanya menyoroti bahwa kita tidak boleh meremehkan Rusia,” tegas dia, dikutip dari Anadolu, Sabtu, 11 Maret 2023.

Stoltenberg juga mendesak negara-negara NATO dan Uni Eropa (UE) untuk terus memasok bantuan militer ke Ukraina. Pihaknya dan menteri pertahanan Uni Eropa akan membahas rencana peningkatan produksi industri pertahanan Eropa.

“Tingkat konsumsi dibandingkan dengan tingkat produksi amunisi saat ini tidak berkelanjutan,” kata dia

Selama ini, kata Stoltenberg, sudah banyak langkah penting yang diambil NATO. Namun hal itu belum cukup untuk membantu Ukraina secara signifikan

"Kita perlu berbuat lebih banyak karena kita perlu memastikan bahwa Ukraina memenuhi kebutuhannya untuk mempertahankan diri melawan agresi Rusia, dan kita perlu mengisi kembali persediaan kita sendiri,” tegasnya.sinpo

Komentar: