Puan Salurkan Bantuan Pemerintah untuk Korban Gempa Turki

Laporan: Bayu Primanda
Minggu, 12 Maret 2023 | 07:33 WIB
Pertemuan bilateral Indonesia-Turki/Tim Media
Pertemuan bilateral Indonesia-Turki/Tim Media

SinPo.id -  Ketua DPR RI Puan Maharani melakukan pertemuan bilateral dengan Speaker of the Grand National Assembly of Türkiye, Mustafa Şentop.

Dalam pertemuan tersebut, Puan sekaligus menyerahkan bantuan dari masyarakat dan Pemerintah Indonesia untuk korban gempa Turki.

Pertemuan bilateral dilakukan di sela-sela acara 8th MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia) Speakers’ Consultation yang digelar di Istanbul, Turki, Kamis, 9 Maret 2023 waktu setempat.

“Pada kesempatan ini saya mewakili DPR RI dan rakyat Indonesia menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas musibah gempa yang terjadi di Turki pada bulan Februari lalu,” kata Puan dikutip dari siaran persnya yang diterima pada Minggu, 12 Maret 2023.

Dalam kesempatan itu, Puan juga mendoakan agar korban luka akibat gempa Turki dapat segera pulih. Ia turut berdoa bagi korban meninggal dunia agar mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT.

“Saya yakin Turki akan pemerintah dan rakyat Turki akan bangkit kembali menjadi lebih kuat setelah ini,” tuturnya.

Indonesia sendiri sejak awal bencana gempa bumi telah memberi bantuan untuk Turki dengan mengirimkan Tim SAR, Emergency Medical Team, Rumah Sakit Lapangan dan bantuan kemanusiaan. Tak hanya itu, sekitar 250 orang personel dan 5 pesawat milik Indonesia pun terlibat dalam misi kemanusiaan di Turki.

“Di luar itu, ada 17 LSM dari Indonesia yang juga ikut membantu penanganan pasca bencana di Turki. Ini adalah misi kemanusiaan terbesar yang pernah dikerahkan Indonesia di luar negeri sejauh ini,” ucap Puan.

“Kami terhormat dan senang bisa berada bersama saudara-saudara kami di Turki di saat mereka membutuhkan. Karena Turki juga selalu menjadi yang pertama hadir bersama kami saat kami membutuhkan. Baik saat bencana Tsunami di Aceh 2004, gempa di Palu 2018, maupun saat wabah Covid-19 varian Delta tahun 2021 lalu,” lanjutnya.

Dalam kunjungannya ke Turki kali ini, Puan atas nama DPR RI menyatakan ingin melengkapi dukungan Indonesia bagi penanganan pasca gempa.

“Saya membawa vaksin dan serum tetanus sesuai dengan permintaan Pemerintah Turki,” sebut Puan.

Secara seremoni, bantuan dari Indonesia yang berasal dari BNPB, Kementerian Kesehatan, dan bantuan masyarakat diserahkan Puan saat bertemu dengan Ketua Parlemen Turki.

Adapun bantuan yang disalurkan itu berupa 5.773 blanket, 30 Generator Set 2000 Watt, Generator Set 15 KVA, 2 Generator Set 5 KVA, 200 Sleeping Bag, hand body wash, 20 foam mattress, sanitary pads, 7 platoon tents, Hygiene Kits, 100 jaket, kaos kaki, sarung tangan serta 4.160 dosis Vaksin tetanus dan 300 serum.

“Insya Allah Indonesia masih akan hadir terus dalam semua tahap penanganan pasca gempa, termasuk tahap rekonstruksi,” ungkap mantan Menko PMK itu.

Menurut Puan, bencana yang terjadi di Turki mengingatkan perlunya kerja sama semua negara dalam melakukan langkah preventif mengantisipasi bencana. Selain itu juga untuk memperkuat langkah penanganan paska bencana.

“Semoga Allah memudahkan upaya penanganan pasca gempa bumi di wilayah terdampak. Komitmen Presiden dan saya untuk selalu membantu Turki dalam semua fase penanganan pasca bencana, termasuk fase rekonstruksi,” tukas Puan.sinpo

Komentar: