BNPT Ungkap Ada Partai Politik Terafiliasi Jaringan Teroris

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 14 Maret 2023 | 07:30 WIB
Komjen Pol Boy Rafli Amar/Dok. BNPT
Komjen Pol Boy Rafli Amar/Dok. BNPT

SinPo.id - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengungkap ada partai politik (parpol) yang terafiliasi dengan jaringan terorisme.

Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar menyebut parpol tersebut baru tapi tidak lolos verifikasi sehingga tidak termasuk dalam daftar 24 parpok yang lolos sebagai peserta Pemilu 2024.

"Terafiliasi ya. (Parpolnya) Tidak lolos verifikasi. Karena ya memang kita sudah dapat masukan-masukan dari awal dan Insya Allah yang lolos ini adalah sifatnya clear. Jadi yang beberapa tidak lolos itu yang hari ini kami katakan ada indikasi," kata Boy Rafli dalam keterangannya, dikutip Selasa 14 Maret 2023.

Boy menjelaskan, hanya ada satu partai baru yang terindikasi disusupi kelompok teroris. Namun, ia tidak menjelaskan lebih lanjut nama maupun inisial dari partai politik tersebut.

"Kita harus jaga ke depan jangan sampai (masyarakat) membentuk partai baru tetapi pengurusnya latar belakangnya kelompok intoleran, radikal, teroris. Itu baru background pengurusnya," ujar Boy.

Untuk itu, Boy menekankan, agar kelompok intoleran tidak lagi dapat membuat partai baru di kemudian hari.

"Asas partai tentu tidak boleh lepas dari ideologi negara Pancasila," katanta.

Boy mengklaim hal itu diungkapkan karena pihaknya ikut dilibatkan dalam proses verifikasi parpol untuk peserta pada pemilu 2024.sinpo

Komentar: